Click Me!
Click Me!
Click Me!

Cara Orang Satu Abad Yang Lalu Merubah Air Hujan Menjadi Air Minum

Linda Holliday, penemu produk Well WaterBoy melakukan proyek purifikasi air hujan untuk menjadikannya dapat diminum, dengan menggunakan cara yang dilakukan oleh masyarakat 100 tahun yang lalu. Cara filtering ini didapat dari buku berjudul “Household Discoveries and Mrs. Curtis’s Cookbook”.

Buku tua dengan tebal hampir 4 inchi karena memuat sekitar 1000 halaman ini, mencantumkan bahasan bagaimana cara filter air hujan menjadi air yang dapat diminum, tentu dengan teknologi saat buku tersebut ditulis.

Seperti apakah sistem filtrasi saat itu? Lihat gambar di bawah ini.


Sistem filter di dalam barel ini mengoptimalkan penggunaan arang, gravel, dan pasir untuk memfilter kontaminan pada air hujan. Dahulu, di setiap rumah di Amerika setidaknya memiliki satu barel.

Namun, perlu diperhatikan bagi Anda dengan sistem seperti ini, air yang difiltrasi lebih baik untuk digunakan sebagai kebutuhan menyiram tanaman atau laundri. Jika Anda ingin menggunakan sistem filter sederhana ini, ada yang harus dimodifikasi. Bagian manakah itu?

Ya, kita bisa menggunakan karbon yang telah diaktivasi atau karbon aktif. Bedanya karbon biasa dengan karbon aktif adalah proses aktivasi baik secara fisik maupun kimia. Pemaparan gas argon dan nitrogen, lalu pemanggangan karbon tersebut, menjadikan karbon memiliki mikropori yang banyak dan kompleks, sehingga kapasitas adsorpsinya jauh lebih tinggi.

Ini adalah skema yang dimodifikasi dengan menggunakan media filter air yang dijual yaitu gravel (bisa dengan silika berukuran besar), halus, dan karbon aktif.

Skema media filter yang dimodifikasi ini secara mekanik, mirip dengan skema yang sebelumnya. Media filter ini akan memfiltrasi air keruh misalnya air sungai atau air tanah dengan kontaminan yang difilter diantaranya sampah, padatan tersuspensi, dan kandungan organik.

Sistem filtrasi ini secara alam juga terbentuk, khususnya di lingkungan yang tidak ada interferensi manusia; air yang berada di sungai bahkan jernih dan layak dikonsumsi (tentu harus dimasak terlebih dahulu untuk mensterilkan bakteri).

Salah satu merek yang kami jual adalah Karbon Aktif Calgon Filtrasorb Indonesia.

6 Alasan Memilih Adywater

Click Me!

Kategori Produk Kami

Activated Alumina Indonesia Alat Laboratorium Indonesia Amberjet Indonesia Antrasit Tohkemy Indonesia Aquasorb Indonesia Arang Aktif Indonesia Autotrol Indonesia Birm Indonesia BOD Meter Calgon Indonesia Carbon NanoTube Carbotech Indonesia Ceramic Ball Indonesia COD Meter Conductivity Meter Corosex Indonesia CSM Indonesia Davao Indonesia DCA DO Meter Dow Filmtec Indonesia Dowex Indonesia Eutech Fenol/Phenol Ferrolite Tohkemy Indonesia Filtrasorb Indonesia Gas Treatment Hanna Instruments Indonesia Haycarb Indonesia Horiba Indonesia Ionix Jacobi Indonesia jasa pengolahan air limbah jasa pengolahan air limbah b3 jasa pengolahan limbah Jual Karbon Aktif karbon aktif air isi ulang Karbon aktif aquarium Karbon Aktif Beli Dimana Karbon aktif filter air Karbon Aktif Indonesia Klorida/Klor/Klorin/Clorine Kowa Indonesia Kuraray Indonesia Lewatit Indonesia Lutron Lutron Indonesia Manganese Greensand Plus Media Filter Indonesia Melecular Sieve Indonesia Membran RO Mettler Toledo Micron Indonesia Mitsubishi Indonesia Multi-parameter Norit Indonesia ORP Meter PAC Indonesia Partech Indonesia Pasir Aktif Pasir Kuarsa Pasir Silika Pentair USA Indonesia pH Meter Polimer Kationik Anionik Produk Limbah Purolite Indonesia Resin Kation Anion Sandblasting Indonesia Scanning Electron Microscope sertifikat analisis sertifikat halal Silica Gel Indonesia Strainer KSH Jerman Suqing Indonesia Tabung filter frp tabung filter air Takemura TOC Analyzer Toray Indonesia TSS Meter Tulsion Thermax Indonesia Turbidity Meter UV Sterilight Viqua Visco USA Indonesia Water Treatment YSI Indonesia Zeolit Indonesia

Para Pelanggan Kami

Click Me!

Artikel Terkini