Pilih Merek Resin Kation Yang Mana? | Jual Resin Kation Anion | Amberlite, Dowex, Jacobi, Lewatit, Mitsubishi, Purolite, Resinex, Suqing, Thermax - karbonaktif.org: Harga Karbon Aktif-Tabung Filter Air- Zeolit-Resin Kation-Pasir Aktif-Ferrolite-Mgs

Pilih Merek Resin Kation Yang Mana? | Jual Resin Kation Anion | Amberlite, Dowex, Jacobi, Lewatit, Mitsubishi, Purolite, Resinex, Suqing, Thermax

Pilih Merek Resin Kation Yang Mana? | Jual Resin Kation Anion | Amberlite, Dowex, Jacobi, Lewatit, Mitsubishi, Purolite, Resinex, Suqing, Thermax

7 Aplikasi Resin Kation-Anion Terbaik untuk Industri dan Rumah Tangga

Resin Kation-Anion adalah salah satu media filter yang umum digunakan dalam sistem filter air, baik untuk kebutuhan residensial (rumah tangga), depot air minum isi ulang, maupun filter air industrial.

Jika Anda ingin membeli resin kation-anion, silakan hubungi Ady Water di:
Whatsapp:

0821 2742 4060

0821 2742 3050

Atau kirim email ke adywater@gmail.com

Ady Water jual resin kation-anion

Ada banyak merek resin kation-anion yang dijual di Ady Water kepada ratusan hingga ribuan klien kami. 

Kami selalu menawarkan alternatif merek dan tipe resin kation-anion yang sesuai dengan permasalahan air Anda.


Apa pertimbangan utama Anda selama ini dalam membeli resin kation-anion? 

Apakah harga termurah sebagai satu-satunya faktor? 

Jika demikian, kami akan memberitahu Anda bahwa ada beberapa variable dalam yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memilih merek resin penukar ion Anda.


Resin adalah zat polimer alami ataupun sintetik yang salah satu fungsinya adalah dapat mengikat kation dan anion tertentu. 

Resin penukar ion adalah suatu bahan padat yang memiliki bagian (ion positif atau negatif) tertentu yang bisa dilepas dan ditukar dengan bahan kimia lain.

1. Jenis ion yang di tukarkan yang terdiri dari :
Pertama resin penukar ion kation yang selanjutnya di sebut cukup resin kation,

Fungsi Resin Kation digunakan sebagai filter air untuk menghilangkan kandungan kapur (CaCO3), Magnesium (Mg), Calsium (Ca) di air minum atau air tanah atau air PDAM atau air gunung. 

Resin ini biasa digunakan untuk softener (pelembut) terhadap air dengan tingkat kesadahan tinggi (total hardness).


Air dengan kesadahan tinggi akan menyebabkan fungsi air untuk proses pencucian atau pembersihan menjadi terganggu. 

Sebagai contoh jika digunakan untuk mencuci baju dengan detergen atau rinso maka sabun atau deterjen tidak dapat menghasilkan busa yang banyak dengan kata lain busanya sedikit.

Demikian juga jika digunakan untuk mandi menggunakan sabun mandi maka busanya pun sedikit dan terasa licin. 

Hal yang sama terjadi bila digunakan untuk mencuci rambut menggunakan shampo pembersih rambut.

Oleh karena itu air dengan kesadahan tinggi seperti ini perlu diperbaiki dahulu (=softener/pelembut) dengan menggunakan resin kation. 

Air dengan kesadahan tinggi ini juga tidak dapat disaring dengan menggunakan membran RO, oleh karenanya perlu menggunakan softener resin kation sebelum diproses melalui mesin RO (Reverse Osmosis).

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya kerja membran RO (reverse Osmosis) tidak cepat mampet/macet.

Baca juga lebih jauh tentang membran RO di:
7 Fungsi Membran RO, Mulai dari Pemurnian Air Minum hingga Filter Air Industri

dan Kedua resin penukar ion anion yang selanjutnya di sebut resin anion.

Resin anion ialah resin yang melepaskan ion negative (misal OH-atau Cl-) untuk di tukar dengan kandungan unsur anion pada air.


Resin Penukar Anion adalah Ion negatif yang dipertukarkan. Resin penukar anion ini mempunyai gugus samping yang bersifat basa seperti anion primer, sekunder, dan tersier tempat melekatnya anion Xn-.

Resin penukar anion dibuat dengan mereaksikan metil hidroksi metil eter dengan senyawa amina.

Prinsip dasar ditukarnya anion hidroksil oleh anion lain yang terjadi pada resin penukar ion ada dua jenis penukar anion yaitu:
resin yang memiliki gugus basa kuat (gugus amonium kuartener) dan  resin yang memiliki gugus basa lemah (gugus anion).

Secara sederhananya Resin anion itu digunakan untuk menyerap ion anion yang terkandung dalam kandungan yang akan di saring pada resin anion, itu berarti di dalam resin anion terdapat ion OH.

Contoh air sadah yang mengandung CaSO4 dialirkan ke dalam resin kation menjadi H2SO4, kemudian dialirkan kedalam resin anion menjadi H2O


Reaksi :

Air sadah------→ resin kation:

CaSO4 + ion H+ = H2SO4


H2SO4 ------→ resin anion

H2SO4 + ion OH- = H2O

Sampel resin yang dijual Ady Water
2. Karakteristik Resin Kation Anion

Kapasitas Penukaran ion

Selektivitas

Derajat ikat silang (crosslinking) 

Porositas

Kestabilan resin



Harga Resin Kation Anion sangat di pengaruhi oleh parameter ini: Kapasitas Penukaran ion, Selektivitas, Derajat ikat silang (crosslinking), Porositas, Kestabilan resin dan merek resinnya.


Bicara  Kapasitas Resin Kation Anion, seringkali perbedaan harga resin kation anion  bergantung seberapa lama resin itu dapat bertahan bekerja normal sampai mulai menurusan sampai harus  di-backwash.


Sebagai contoh, ada merek  resin penukar ion yang bertahan setahun, dua tahun, hingga lima tahun dan seterusnya. Masing-masing kapasitas resin penukar ion juga berbeda-beda. 

Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih resin penukar ion yang cocok untuk Anda.


3. Aplikasi Resin Kation Anion

Mengapa Resin Kation-Anion ini merupakan salah satu media filter yang paling banyak dicari? Hal ini karena aplikasi nya tidak terbatas pada satu bidang saja. Klien kami membeli resin penukar ion ini setidaknya untuk 7 Aplikasi Resin Kation-Anion di bawah ini:


1. Water softening (Melembutkan Air)

Dalam bidang water treatment, yang dimaksud ‘air keras’ di sini bukanlah air alkohol seperti yang umum dipandangan masyarakat, melainkan air dengan kandungan ion magnesium dan kalsium yang tinggi.


Bagaimana mengetahui bahwa air di rumah Anda keras atau tidak? Mudah saja. 

Air keras biasanya terasa licin di tangan dan menimbulkan perasaan tidak bersih setelah membilas. Air keras juga akan menimbulkan kerak / kalsifikasi pada keran atau pipa air di rumah Anda.


Kerak tersebut adalah kapur yang terbentuk dari magnesium dan kalsium yang mengendap dan menempel pada keran atau perpipaan. 

Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang, kerak ini dapat menimbulkan keropos dan merusak sistem perpipaan atau keran air Anda.



Dalam studi “Health Significance of Drinking Water Calcium and Magnesium” (2003), untuk kebutuhan air minum, direkomendasikan nilai maksimum dan minimum untuk kalsium adalah 40–80 ppm, sementara magnesium 20–30 ppm.


Sementara itu, United States Geological Survey memberi klasifikasi lebih lanjut sebagai berikut berdasarkan kandungan kalsium karbonat (mg) di dalam air (liter):

0 to 60 mg/L air lembut

61 to 120 mg/L air sedikit keras

121 to 180 mg/L air keras

>180 mg/L air sangat keras


Air keras ini mengakibatkan kerugian yang sangat banyak. Beberapa studi menemukan adanya hubungan antara konsumsi air keras dengan penyakit cardiovascular dan eczema, meskipun harus diakukan studi lebih lanjut.

Untuk kebutuhan rumah tangga, air keras akan merusak pakaian, peralatan makan, keran, dan perpipaan untuk penggunaan air dalam jangka panjang.

Untuk kebutuhan air industrial, air keras akan menimbulkan kerugian yang besar. Air keras akan menimbulkan tumpukan endapan kapur pada perpipaan yang akan mengurangi debit aliran dan menyebabkan pipa harus diganti.



Air keras di menara pendingin akan mengurangi efektivitas transfer panas, yang berarti meningkatkan biaya operasional. Ia juga akan menyebabkan pengaratan di Menara, yang menimbulkan biaya perbaikan bahkan penggantian menara pendingin.

Di boiler dan mesin yang serupa, air keras akan menyebabkan penumpukkan kapur yang akan mengurangi efektifitas transfer panas dan meningkatkan biaya operasional. Ia juga bisa mengurangi usia hidup boiler.
Penumpukkan kapur di boiler

Di industri tekstil, air keras dapat menyebabkan benang kaku dan mempengaruhi warna pakaian.


Resin Penukar Ion adalah salah satu metode yang paling efektif dalam menghilangkan magnesium dan kalsium hingga 3-5 part per million. Penggunaan resin ion di industri akan menyebabkan efektifitas mesin dan mengurangi biaya perawatan perpipaan.

Resin kation-anion akan digunakan untuk menukar ion magnesium dan kalsium dengan ion natrium yang dimiliki resin. Resin juga bisa diregenerasi dengan backwash dengan larutan yang mengandung konsentrasi garam tinggi. Ion kalsium dan magnesium yang terdapat pada resin usai pakai akan termigrasi dari resin hingga tercapai equilibirium baru.

Selain kapur, kandungan besi dan mangan juga dapat merusak boiler atau perpipaan dengan menimbulkan kerak dan karatan yang terakumulasi dari kandungan ion besi dan mangan.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan pasir aktif, BIRM, dan manganese greensand yang efektif untuk memfilter besi dan manganese.

Baca artikel nya di link berikut:
Perbandingan Fungsi dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif Ferrolite, dan Corosex sebagai Media Filter

Jika Anda ingin membeli resin kation-anion, silakan hubungi Ady Water di:

Whatsapp:

0821 2742 4060

0821 2742 3050

Atau kirim email ke adywater@gmail.com
Ady Water jual resin kation-anion



2. Water Purification / Pemurnian Air

Pada aplikasi ini, resin penukar ion digunakan untuk menghilangkan ion logam beracun (seperti tembaga) dan logam berat (seperti timbal atau cadmium) dari larutan, menggantinya dengan ion tak berbahaya seperti natrium atau kalium.

Ciri-ciri air Anda mengandung ion tembaga

Sebagian resin penukar ion menghilangkan klorin atau kontaminan organic dari dalam air, biasanya dengan cara dicampur dengan filter karbon aktif. Untuk kebutuhan rumah tangga, biasanya resin tidak diregererasi, melainkan dibuang jika tidak lagi digunakan.

Sebelum menggunakan resin kation-anion, untuk kebutuhan pemurnian air media yang pertama kali digunakan biasanya adalah filter pasir, yaitu menggunakan pasir silika.

Pasir silika berperan menyaring kotoran makro, lumpur, partikel padatan, mengurangi TSS dan TDS, serta mengurangi turbiditas.

Info selengkapnya mengenai pasir silika bisa Anda baca di:
BACA INI: 13 Fungsi Pasir Silika Filter Air di Industri dan Rumah Tangga

Selain menggunakan pasir silika, untuk kebutuhan pemurnian air sebagai pelengkap resin kation-anion ini digunakan juga pasir zeolit. Pasir zeolit berperan untuk menambah keefektifan demineralisasi air.

Baca selengkapnya mengenai zeolit di:
PENTING: 9 Fungsi Zeolit, Dari Pasir Zeolit Hamster hingga Filter Air Industri


Air dengan tingkat kemurnian tinggi dibutuhkan untuk kebutuhan elektronik, eksperimen saintifik, produksi superconductor, industri nuklir, dan lain-lain. Air tersebut diproduksi menggunakan kombinasi metode penukar ion dan membran RO.

3. Penukar ion di separasi logam

Sebuah drum Urania
Proses pertukaran ion digunakan untuk memisahkan dan memurnikan logam, termasuk memisahkan uranium dari plutonium dan aktinida lainnya seperti thorium. Juga digunakan untuk memurnikan lanthanum, neodymium, ytterbium, samarium, lutetium, dari masing-masing logam.


Hal ini karena masing-masing unsur tersebut saat ditambang dari alam dalam bentuk padatan yang bercampur, sehingga untuk memisahkannya satu sama lain adalah dengan cara resin pertukaran ion ini. Aplikasi ini dikembangkan pada tahun 1940-an oleh Frank Spedding.

Kasus yang sangat penting misalnya adalah proses PUREX (plutonium-uranium extraction), dimana digunakan untuk memisahkan plutonium dan uranium dari bahan bakar di reactor nuklir, sehingga limbah radioaktif nuklir nya bisa dibuang. Sebagaimana kita tahu, limbah nuklir adalah salah satu limbah paling berbahaya dengan penanganan yang ekstra.

4. Katalisis

Resin penukar ion digunakan dalam sintesis organic, seperti untuk esterifikasi dan hidrolisis. Karena resin penukar ion memiliki luas permukaan tinggi dan tak larut dalam air, mereka cocok untuk reaksi fase-gas dan fase-liquid.


Sebagai contoh, G. R. Noggle dalam “The Use of Cation-Exchange Resins for the Hydrolysis of Sucrose in Plant Extracts” menggunakan resin penukar ion untuk hidrolisis sukrosa dari ekstrak tumbuhan. Ia menggunakan Resin Dowex-50, Amberlite IR-100, Amberlite IR-120, Amberlite IRC-150, dan Duolite C-3.

5. Pemurnian jus


Resin penukar ion digunakan dalam manufaktur jus buah seperti jus jeruk dan jus cranberry. Peran resin penukar ion adalah untuk menghilangkan komponen yang berasa pahit sehingga meningkatkan rasa jus tersebut. 

Sehingga, sumber buah lain yang tidak terlalu sedap bisa dimanufaktur minuman jusnya dengan menggunakan resin penukar ion ini.


6. Manufaktur Gula

Resin penukar ion digunakan untuk manufaktur gula dari berbagai sumber, seperti tebu atau aren. Resin digunakan untuk merubah satu tipe gula ke gula lainnya. Selain itu, ia digunakan untuk dekolorisasi dan memurnikan sirup gula.

Untuk dekolorisasi gula, ada juga industri gula rafinasi yang menggunakan karbon aktif untuk menghilangkan warna kuning sehingga memproduksi gula putih.

Informasi lebih lanjut tentang karbon aktif bisa Anda baca di:
PENTING: 21 Fungsi Karbon Aktif di Kehidupan Sehari-hari yang Harus Kamu Ketahui


7. Industri Farmasi

Resin penukar ion digunakan dalam manufaktur farmasi. Tidak hanya sebagai katalis reaksi kimia tertentu, tetapi juga untuk isolasi dan pemurnian bahan aktif farmasi.


Tiga resin penukar ion, sodium polystyrene sulfonate, colestipol, dan cholestyramine, digunakan sebagai bahan aktif.


Sodium polystyrene sulfonate adalah resin penukar ion asam kuat yang digunakan untuk mengobati hyperkalemia. Colestipol adalah resin penukar ion basa lemah yang digunakan untuk mengobati hypercholesterolemia. 

Cholestyramine adalah resin penukar ion basa kuat yang juga digunakan untuk mengobati hypercholesterolemia.



Resin penukar ion juga digunakan sebagai eksipien dalam berbagai formulasi farmasi seperti tablet, dan kapsul. Resin penukar ion memiliki beberapa fungsi, seperti pembentuk rasa, disintegrasi tablet, meningkatkan bioavailability, dan meningkatkan stabilitas kimia dari bahan aktif.



Jika Anda ingin membeli resin kation-anion, silakan hubungi Ady Water di:

Whatsapp:

0821 2742 4060

0821 2742 3050

Atau kirim email ke adywater@gmail.com


Bagaimana, sangat bermanfaat sekali kan resin penukar ion ini? Anda bisa membeli resin penukar ion dari Ady Water eceran untuk kebutuhan rumah tangga Anda, maupun dalam jumlah banyak untuk kebutuhan industri Anda.

Pengiriman resin softener ke area Karawang
4. Merek Resin Kation Anion

Lalu, apa saja merek resin penukar ion yang tersedia di Ady Water? Kami menyediakan 5 merek resin penukar ion untuk kebutuhan filter air Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Resin Kation  Anion Amberlite

Jual resin Amberlite

Diantara tipe Resin Kation Amberlite yang populer dibeli klien Ady Water adalah Resin Kation tipe IR-120 Na. Resin Kation Amberlite tipe ini dibuat di China. Kini, brand Resin Amberlite dimiliki oleh Dow Chemical (Produsen resin dowex dan membran RO filmtec).


2. Resin Kation Anion Dowex

Jual resin dowex
Resin kation Dowex yang kami jual adalah tipe Marathon C untuk kebutuhan demineralisasi, sedangkan untuk water softener ialah Resin Dowex HCRS-5 dan Resin Dowex HCRS-Na. Resin dowex ini dilengkapi dengan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Dowex.

3. Resin Kation Anion Lewatit

Jual resin lewatit
Resin kation Lewatit yang tersedia di Ady Water adalah tipe monoplus  S-108, type S-80, dan type S-249. Resin Kation Lewatit S-108 dibuat di Jerman, dengan fungsi untuk softener dan demineralisasi, Resin Kation S-80 dibuat di China khusus untuk softener. Sedangkan resin kation C-249, dibuat di India, bisa digunakan untuk softener dan demineraliser, namun lebih utama untuk Softener. Resin kation type S-108 memiliki sertifikat halal sedangkan resin kation lewatit type S-80 dan C-249 tidak ada sertifikat halal.

4. Resin Kation Anion Purolite

Jual resin purolite
Resin kation Purolite yang dijual Ady Water adalah tipe C-100 (untuk demineraliser) dan C-100e (Khusus Untuk Softener). Semua tipe resin purolite dibuat di China dan dilengkapi dengan sertifikat halal IFANCA-USA, surat pernyataan bebas gelatin, dan diagram proses.

5. Resin Kation Anion Suqing China

Jual resin suqing
Resin Kation Suqing merupakan merek Resin China yang memegang 40% market China dengan tipe yang dijual Ady Water adalah 001x8 Na dan 201x7 Cl


Ady Water juga menyediakan 3 merek resin lainnya yaitu:
5. Resin Kation Anion Thermax

6. Resin Kation Anion Mitsubishi

7. Resin Kation Anion Resinex



5. ALASAN ANDA MEMILIH ADY WATER

Ada banyak penjual resin softener di Indonesia, tapi mengapa Anda harus membeli resin kation anion ke ADY WATER? Hal ini karena 3 alasan jitu berikut:

1. Sales-sales Ady Water dilatih khusus untuk melayani secara prima kebutuhan customer agar masalah customer cepat dan tepat terselesaikan. Kami bantu permasalah sampai teknikal di pabrik anda agar terselesaikan secara tuntas dan cepat.  Beberapa kali kami bantu problem teknis di industri /pabrik.



2. Perusahaan Ady Water menjual Resin Kation Anion dengan dilengkapi berbagai dokumen pendukung misalnya sertifikat halal, sertifikat msds, dan sebagainya sehingga Anda bisa menggunakan semua media filter kami dengan aman dan nyaman. Tidak terhantui dengan BPOM atau Audit Halal.


3. Perusahaan ady water juga melayani konsultasi teknis bahkan melayani jasa loading unloading tangki softener dan demineraliser yang dipimpin langsung oleh engineer ahli berpengalamanan.

Jika Anda ingin membeli resin kation-anion untuk water softener, silakan hubungi Ady Water di:

Whatsapp:

0821 2742 4060

0821 2742 3050

Atau kirim email ke adywater@gmail.com


ADY WATER, One Stop Solution for Water and Gas Treatment



=================================



Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:

http://www.adywater.com

http://www.karbonaktif.org

http://www.pasirsilika.com



Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:

http://www.alatdometer.com

http://www.bodcodmeter.com

http://www.turbidutymeter.com

http://www.tocanalyzer.net

http://www.conductivitymeter.com



Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Water di:

http://www.pengolahanlimbah.com



=================================



Untuk informasi dan pemesanan hubungi:

022 723 8019 ( call- fax)

022 6372 4915



0821 2742 4060 (Ghani)

0821 2742 3050 (Rusmana)

0822 1620 7911 (Uven)

0812 2165 4304 (Yanuar)

0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)

0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)

0857 2352 9677 (WA)

0818 0906 4845 (WA)

0813 2259 9149 (WA)

0856 2476 9005

7C232720 (BBM)



Kantor Pusat Bandung:

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194



Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480



Kantor Cabang Jakarta 2:

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830



Kantor Cabang Surabaya:

Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo



====================================



Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:

Facebook

https://www.facebook.com/adylab/

http://www.facebook.com/adywater/

http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/



==================================



Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:

Bandung: goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Jakarta: goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw