0821 2742 4060 | Merek Reverse Osmosis Terbaik | Jual Membran RO Filmtec - karbonaktif.org: Harga Karbon Aktif-Tabung Filter Air- Zeolit-Resin Kation-Pasir Aktif-Ferrolite-Mgs

0821 2742 4060 | Merek Reverse Osmosis Terbaik | Jual Membran RO Filmtec

0821 2742 4060 | Merek Reverse Osmosis Terbaik | Jual Membran RO Filmtec | Adywater Menjual Sea Water Membran Reverse Osmosis (SWRO) Merek CSM, Filmtec, GE, Lewabrane, dan Toray Jepang

7 Fungsi Membran RO, Mulai dari Pemurnian Air Minum Hingga Filter Air Industri.

Jika Anda adalah pemain di water treatment, tentu saja Anda sudah mengenal membran reverse osmosis atau Membran RO. Bahkan, masyarakat pada umumnya pun sudah mengenal membran RO salah satunya di depot air minum isi ulang.

Tulisan ini akan menambah wawasan Anda mengenai 7 aplikasi membran RO, mulai dari pemurnian air minum hingga filter air industri.

Cek harga membran RO dari merek CSM, Filmtec, GE, Lewabrane dan Toray ke Ady Water: merek dan tipe lengkap!
Whatsapp:
0821 2742 4060
0821 2742 3050
Email: adywater@gmail.com

Ady Water Jual Membran RO
Ady Water Jual Membran RO

Apa itu Reverse Osmosis?

Reverse osmosis (RO) adalah teknologi pemurnian air yang menggunakan membran permeable (tembus) secara selektif untuk menghilangkan ion, molekul, dan partikel yang lebih besar dari air minum.

Dalam reverse osmosis, tekanan diberikan untuk melebihi tekanan osmosis yang didorong dari perbedaan potensial kimia larutan sesuai hukum termodinamik.

Reverse osmosis dapat menghilangkan berbagai jenis bahan kimia terlarut dan tersuspensi juga kandungan biologi (bakteri) dari air. Reverse osmosis digunakan pada proses industri dan produksi air minum isi ulang.

Hasil air reverse osmosis disimpan pada satu sisi membran dan hanya larutan murni (atau air murni) yang bisa melewati sisi lainnya. Agar bersifat “selektif”, Membran tidak boleh melewatkan molekul besar atau ion, tetapi bisa melewatkan molekul komponen yang lebih kecil dari larutan (misalnya molekul pelarut, air, H2O) untuk lewat secara bebas.

Normalnya, proses osmosis berarti pelarut bergerak dari area yang konsentrasi rendah melewati membran, menuju area yang konsentrasi tinggi. Gaya pendorong dari gerakan pelarut ini berasal dari reduksi energi bebas sistem dimana terjadi perbedaan konsentrasi pelarut dari kedua sisi membran yang direduksi, menghasilkan tekanan osmosis akibat pergerakan pelarut menuju larutan yang konsentrasi lebih tinggi.

Dengan memberikan tekanan eksternal, dapat membalikkan arah osmosis normal ini, sehingga sistem ini disebut reverse osmosis (osmosis terbalik). Sebagai contoh adalah dalam proses desalinasi air laut di bawah ini.
Desalinasi air laut dengan reverse osmosis
Desalinasi air laut dengan reverse osmosis
Dalam contoh desalinasi air laut, mekanisme reverse osmosis secara sederhana sebagai berikut:
1. Air yang akan difilter adalah air laut dengan tingkat salinitas tinggi. Normalnya, air laut memiliki salinitas 35.000 ppm, atau sekitar 35 gram garam per 1 liter (atau 1 kg) air.
2. Air laut sebelum dilewatkan ke membran RO harus di pre-treatment dulu dengan pasir silika atau karbon aktif untuk memfilter kotoran makro, lumpur, kerikil, alga, dan partikel lain yang bisa merusak membran.
3. Air laut setelah melewati pre-treatment memiliki kandungan mineral dan garam yang sangat tinggi, tapi sudah compatible untuk melewati membran RO.
4. Tekanan diberikan untuk melewatkan air pada membran RO dari satu sisi dan keluar ke sisi lainnya sudah terdesalinasi (garam terjebak tak melewati membran RO). Tekanan berkisar 800 - 1 000 psi.
5. Air yang sudah difilter / desalinasi oleh membran RO memiliki tingkat salinitas di bawah 100 ppm

Diagram filter lengkap air laut sebagai berikut:
Desalinasi proses
Desalinasi proses
Mekanisme utama dari reverse osmosis ini adalah size exclusion, akan memfilter partikel yang lebih besar daripada 0.1 nanometer. Sehingga, aplikasi reverse osmosis ini sangat luas, karena meliputi jenis larutan apapun tanpa mengecualikan bahannya yang hendak difilter.

Masyarakat mengenal aplikasi reverse osmosis ini pada depot air minum isi ulang, dan memang sebagian besar aplikasi sehari-hari membran RO untuk depot air minum isi ulang.

Hal ini karena sistem filter reverse osmosis akan menghasilkan air minum yang aman, sehat, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh EPA (United States Environmental Protection Agency), yang meliputi batasan kontaminan:
1. Mikroorganisme (cryptosporidium, Giardia lamblia, Heterotrophic plate count (HPC), Legionella, coliform, turbidity, virus)
2. Disinfection byproduct (bromate, chlorite, haloacetic acids, trihalomethanes)
3. Disinfektan (Kloramin, klorin, klorin dioksida)
4. Kimia anorganik (antimony, arsenik, asbestos, barium, beryllium, cadmium, chromium, tembaga, sianida, florida, timbal, raksa, nitrat, nirtit, selenium, thallium)
5. Kimia organik (Acrylamide, alachlor, atrazine, benzene, Carbofuran, Carbon tetrachloride, Chlordane, Chlorobenzene, 2,4-D, Dalapon, 1,2-Dibromo-3-chloropropane (DBCP), o-Dichlorobenzene, p-Dichlorobenzene, 1,2-Dichloroethane, dll)
6. Radionuklida (Alpha particles, beta particle, radium, uranium)

Agar lebih jelasnya, Anda bisa melihat di infografik berikut ini:
infografik membran ro
infografik membran ro
infografik membran ro
infografik membran ro
infografik membran ro

Membran Reverse Osmosis ini dimanufaktur oleh berbagai perusahaan. Diantara merek membran RO yang juga dijual Ady Water adalah Dow Filmtec, Lewabrane, Toray, GE, dan CSM.

Membran RO dibuat dengan kapasitas laju filtrasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Laju filtrasi membran RO dikuantifikasi dalam satuan GPD atau gallon per day. Gallon sendiri adalah satuan yang biasa dipakai di barat dengan konversi ke SI sebagai:
1 gallon = 3,785 L

Bagaimana dengan aplikasi membran RO ini? Ady Water merangkum 7 aplikasi membran RO dari mulai pemurnian air minum hingga filter air industrial.

1. Membran RO untuk Purifikasi Air Minum
Salah satu contoh paling populer untuk ini adalah membran RO depot air minum isi ulang. Banyak klien Ady Water yang membeli membran RO untuk kebutuhan tersebut, baik penginstalasian depot baru, mengganti membran yang sudah lama, maupun untuk menaikkan produksi dengan mengganti membran RO berkapasitas lebih tinggi.

Untuk filter air minum, ada beberapa tahapan yang meliputi:
1. Filter Pasir silika. Filter ini bertujuan untuk menghilangkan lumpur dan kotoran makro, mengurangi TSS (Total Suspended Solid) dan TDS (Total Dissolved Solid). Air mentah dari sumber tentu memiliki kandungan lumpur dan flok makro yang kasat mata. Pasir silika yang digunakan bisa dengan kombinasi lapisan kasar dan halus. Pasir silika adalah salah satu media filter yang paling banyak digunakan dalam sistem filter air industri, salah satunya perusahaan di Jambi yang terakhir membeli 60 ton pasir silika dari Ady Water.

Baca juga:

2. Filter Karbon aktif menghilangkan kandungan organik, logam berat seperti arsenik, merkuri, menghilangkan bau dan warna. Karbon aktif yang kami jual di Ady Water ada yang lokal dan ada yang import, seperti Jacobi, Kowa, Haycarb, dan Calgon (tersertifikasi Halal) Untuk karbon aktif industri, disarankan dengan merek import yang nilai iodinnya jauh lebih tinggi dari lokal.

Baca juga:

3. Resin penukar ion untuk menghilangkan kandungan metalik dan melembutkan air. Ada dua jenis resin yaitu resin kation dan anion yang dipakai tergantung kandungan pengotor air nya.

Baca juga:

4. Terkadang digunakan juga zeolit untuk menghilangkan kandungan metalik yang pekat. Ciri-ciri air dengan kandungan metalik adalah berwarna oranye kemerah-merahan dan jika dirasakan akan terasa amis.

Baca juga:

5. Untuk menghilangkan kandungan besi dan mangan, bisa dengan media filter Birm, Pasir Aktif Ferrolite, dan Manganese Greensand Plus. Sementara untuk menaikkan pH sebagai salah satu kondisi air sebelum filter membran, gunakan Corosex.

Baca juga:
Perbandingan Fungsi dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, Ferrolite, dan Corosex sebagai Media Filter

6. Membran RO menghilangkan kadar garam hingga 99%. Untuk membran RO memiliki klasifikasi khusus, yaitu SWRO (Sea Water Reverse Osmosis/untuk air laut), BWRO (Bracket Water Reverse Osmosis/untuk air payau), TWRO (Tap Water Reverse Osmosis/untuk air ledeng atau air keran).

7. Baru terakhir lampu UV untuk air isi ulang dengan fungsi menghilangkan hingga 99% bakteri, parasit, kuman, dan virus penyebab penyakit.

Cek harga membran RO dari merek CSM, Filmtec, GE, Lewabrane dan Toray ke Ady Water: merek dan tipe lengkap!
Whatsapp:
0821 2742 4060
0821 2742 3050
Email: adywater@gmail.com
Ady Water Jual Membran RO
Ady Water Jual Membran RO

Terdapat juga prosesor air reverse osmosis portable atau mesin RO mini untuk rumah tangga. Mesin RO ini dapat dibawa kemana-mana, berukuran kecil, dan bisa dipasang untuk di keran air di rumah Anda. Tentu saja, laju filtrasi mesin RO mini ini kecil, antara 5 hingga 10 gpd karena kebutuhannya kecil.

Mesin RO mini bekerja dengan tekanan 40 psi atau lebih besar. Bandingkan dengan mesin RO di depot air isi ulang yang bisa mencapai 1000 psi karena kapasitas filtrasinya lebih besar. Mesin RO mini ini bisa digunakan oleh masyarakat yang kesulitan akses air bersih dengan memanfaatkan air sungai atau air laut dimana mereka tinggal.

Mesin RO mini ini juga digunakan orang-orang yang senang travel dan berpetualang dalam waktu yang cukup lama (1-2 minggu) di pulau-pulau terpencil dimana sumber air hanyalah air laut atau air sungai yang belum bisa dipastikan kontaminannya.

Sistem filtrasi mesin RO untuk air minum digunakan juga dalam keadaan darurat. Sebagai contoh ketika tahun lalu terjadi bencana alam di beberapa tempat seperti Palu dan NTB, pemerintah melalui dinas terkait menginstalasi sistem filtrasi reverse osmosis di tempat-tempat pengungsian.

Sistem filtrasi membran RO darurat ini menjadi solusi bagi kesulitan akses air bagi para pengungsi, baik untuk minum maupun untuk masak. Salah satu contoh unit nya adalah Unit Pengolahan Air Siap Minum (ARSINUM) dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).
Arsinum BPPT
Arsinum BPPT
Dalam produksi air mineral botolan, air melewati proses reverse osmosis untuk mengilangkan polutan dan mikroorganisme. Sebagaimana sistem filter air minum lainnya, produksi air mineral komersial ini harus dilengkapi dengan sistem water sterilizer UV.

Water sterilizer UV adalah lampu UV yang didesain untuk memancarkan sinar UV dengan tujuan membunuh bakteri, virus, kuman, parasit, dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Lampu UV ini diproduksi dengan laju filtrasi dalam satuan GPM atau gallon per minutes. Lampu UV yang dijual di Ady Water bermerk Sterilight dan Primeratech.
Ady Water Jual UV
Ady Water Jual UV
Di penggunaan militer, teknologi reverse osmosis juga digunakan untuk memproduksi air minum hampir dari semua sumber air.

Hal ini sangat penting, karena air minum adalah salah satu kebutuhan esensial manusia. Ketika militer melakukan ekspedisi ke berbagai tempat, hal tersebut dapat memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Tentu tidak mungkin mengandalkan air minum perbekalan.

Unit Reverse osmosis water purification unit (ROWPU) untuk militer adalah plantasi water treatment portable. Terdapat model yang digunakan militer Amerika Serikat dan militer Kanada. Beberapa model dimasukkan ke container, yang lainnya berupa trailer, dan yang lainnya adalah terintegrasi dengan kendaraan itu sendiri.

Air yang dihasilkan bebas dari 90,00-99,98% TDS air mentah dan sesuai dengan standar militer, TDS tidak boleh lebih dari 1000-1500 ppm diukur dengan konduktivitimeter. Air yang dihasilkan kemudian didisinfeksi dengan klorin dan disimpan untuk pengunaan ke depan.

2. Membran RO Pemurnian Air dan Air Limbah

Di beberapa tempat, air hujan disimpan dalam sistem rain harvesting untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci mobil, keperluan kamar mandi, mencuci, dan lainnya.
Rain harvesting
Rain harvesting
Sistem ini adalah solusi dari kekurangan air untuk kebutuan di musim kemarau. Tentu saja, tangki filter air haruslah cukup besar sehingga dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Secara praktis, jika diterapkan di Indonesia yang mengalami musim penghujan dan musim kemarau, maka tangki filter penyimpanan air ini bisa diaktifkan menjelang akhir musim hujan. Pada musim kemarau pun terjadi beberapa kali hujan, sehingga bisa tangki penyimpanan bisa diaktifkan untuk mengisi ulang di tengah-tengah musim kemarau.

Namun untuk kemudian bisa diminum, filter air di atas tidaklah cukup, melainkan harus diinstalasi membran RO dan sterilisasi air. Hal ini bisa disambungkan dengan perpipaan dari tangka ke keran khusus yang disambung pula dengan sistem filter membran RO dan UV sterilisasi.

3. Membran RO di Industri Makanan 

Selain desalinasi, reverse osmosis adalah operasi yang ekonomis untuk membuat makanan konsentrat cair (seperti jus) dibandingkan proses heat-treatment biasa. Sudah dilakukan riset untuk membuat jus jeruk dan jus tomat konsentrat.

Kelebihannya adalah biaya operasional yang lebih rendah dan untuk menghindari proses heat-treatment yang berpotensi merusak protein dan enzime dari berbagi bahan makanan.

Reverse osmosis digunakan secara extensif di industri produk dairy (susu, mentega, keju, dll), produksi bubuk whey protein, dan konsentrasi susu untuk mengurangi biaya pengiriman. Pada aplikasi whey, whey dikonsentrasikan dengan reverse osmosis dari 6% total padatan menjadi 10-20% total padatan sebelum proses ultrafiltrasi.

4. Membran RO Produksi Sirup Maple

Sirup maple
Sirup maple
Pohon maple atau pohon acer memiliki 128 spesies pohon yang kebanyakan berasal dari Asia. Sirup maple adalah sirup yang dibuat dari getah pohon maple gula, maple merah, atau maple hitam, meskipun bisa juga dari pohon maple lainnya. Sirup maple pertama-tama diproduksi oleh masyarakat Kanada, dan hingga hari ini sirup maple yang terkenal di dunia berasal dari sana.

Pada tahun 1946, beberapa produsen sirup maple menggunakan reverse osmosis untuk menghilangkan air dari getah sebelum getah direbus menjadi sirup. Penggunaan reverse osmosis menghilangkan 75–90% air dari getah, mengurangi konsumsi energi dan paparan sirup pada temperature tinggi.

5. Membran RO untuk Produksi Hidrogen

Untuk produksi hydrogen skala kecil, reverse osmosis terkadang digunakan untuk menghindari pembentukan mineral pada permukaan elektroda.

6. Membran RO untuk Akuarium Karang

Akuarium karang
Banyak pemilik akuarium karang menggunakan sistem reverse osmosis untuk campuran air laut buatan mereka. Air biasa dapat memiliki kandungan chlorine, chloramines, copper, nitrates, nitrites, phosphates, silicates, dan bahan kimia lain secara berlebih.

Kombinasi dari proses reverse osmosis dan deionisasi (menggunakan resin) adalah metode yang paling populer di kalangan pemilik akuarium karang, dan lebih disukai daripada proses pemurnian air lainnya karena biayanya yang murah.

7. Membran RO untuk Pembersihan Jendela

Salah satu metode yang mulai populer untuk membersihkan jendela (jendela gedung, misalnya) adalah yang disebut sistem "water-fed pole". Dibandingkan dengan membersihkan jendela menggunakan detergen seperti biasa, jendela digosok menggunakan air dengan tingkat kemurnian tinggi (TDS<10 ppm)

Itu di 7 aplikasi membran RO di kehidupan sehari-hari kita. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikan linknya di sosial media Anda.
Jika Anda mau membeli membran RO dari merek CSM, Filmtec, GE, Lewabrane dan Toray, maka Ady Water lah jawaban Anda!
Whatsapp:
0821 2742 4060
0821 2742 3050
Email: adywater@gmail.com


 ADY WATER, One Stop Solution for Water and Gas Treatment

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.com

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.pengolahanlimbah.com

=================================

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915

0821 2742 4060 (Ghani)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0822 1620 7911 (Uven)
0812 2165 4304 (Yanuar)
0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
0856 2476 9005
7C232720 (BBM)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Bandung: goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2
Jakarta: goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw