21 Fungsi Karbon Aktif | Harga Jual Arang/Karbon Aktif Grosir Per Kg Kilo Ton Untuk Filter Air - karbonaktif.org: Harga Karbon Aktif-Tabung Filter Air- Zeolit-Resin Kation-Pasir Aktif-Ferrolite-Mgs

21 Fungsi Karbon Aktif | Harga Jual Arang/Karbon Aktif Grosir Per Kg Kilo Ton Untuk Filter Air

harga karbon aktif, jual karbon aktif
harga karbon aktif, jual karbon aktif
PENTING: 21 Fungsi Karbon Aktif di Kehidupan Sehari-hari yang Harus Kamu Ketahui!

Karbon Aktif Akuarium | Penjernih Air Minum | Filter Air di Tangerang Bandung Adywater

Bagi Anda pemain water treatment, tentunya sudah sangat familiar mengenai karbon aktif bukan? Karbon aktif adalah salah satu media paling efektif untuk filter air, namun tahukah Anda ternyata karbon aktif memiliki 21 fungsi lain?

Bagi Anda yang ingin membeli karbon aktif per kilo, per kg, per ton untuk kebutuhan seperti filter air, aquarium, industri, maupun depot air isi ulang.

harga Karbon Aktif
Hubungi Ady Water untuk membeli karbon aktif lokal dan import
Sebelum mengetahui 21 fungsi karbon aktif terbaik, tahukah Anda apa itu definisi karbon aktif? 

Karbon aktif secara substansi adalah hasil pembakaran materi berbasis karbon (yang paling sering adalah batu bara dan tempurung kelapa) kemudian diberikan zat additif sehingga memiliki kemampuan adsorpsi yang tinggi untuk kontaminan berbasis hidrokarbon.

Di sini jelas berbeda antara arang biasa yang digunakan untuk membakar seperti di tukang sate dan karbon aktif, baik secara fungsi maupun harga karbon aktif dan harga arang.

Lalu, apa yang dimaksud dengan adsorpsi karbon aktif? Adsorpsi adalah kemampuan penyerapan berbagai jenis kontaminan yang dikandung air ke dalam pori-pori karbon aktif yang sangat banyak.

Tahukah Anda, menurut penelitian yang ditemukan Plerdsranoy et.al (2017), pori-pori karbon aktif yang sangat banyak ini menjadikan permukaan karbon aktif seluas 2.752 m2/g karbon?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi karbon aktif, silakan baca di link ini ya:

1. Apa itu Karbon Aktif
2. 5 Faktor Yang Menentukan Kualitas Karbon Aktif

Kemampuan adsorpsi yang tinggi merupakan kelebihan utama karbon aktif ini menjadikannya memiliki 21 fungsi berikut:

1. Karbon Aktif sebagai Filter Air Isi Ulang

Fungsi karbon aktif ini sangat populer, khususnya bagi ratusan hingga ribuan klien kami yang membeli karbon aktif di Ady Water. 

jual karbon aktif, harga karbon aktif 

Fungsi karbon aktif yang satu ini adalah dalam rangka menghilangkan bau dan membantu penjernihan karbon aktif dari hidrokarbon dan VOC (volatile organic compund).

Setiap depot air isi ulang menggunakan karbon aktif, namun merk karbon aktif yang tersedia berbeda-beda, tergantung kebutuhan Anda. Ady Water sendiri memiliki karbon aktif lokal dan import dari merek Calgon, Jacobi, Kowa, Norit, Carbotech dan Haycarb.

Setelah melalui filter pasir silika, filter karbon aktif, filter zeolit, dan mangan, air umpan siap untuk dimasukkan ke membran reverse osmosis. Membran ini lah yang menyaring dengan tingkat selektif sangat kecil hingga ukuran 0,1 nm.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang membran RO, baca di artikel ini:

7 Fungsi Membran RO, Mulai dari Pemurnian Air Minum hingga Filter Air Industri

2. Karbon Aktif sebagai Filter Air Aquarium


jual karbon aktif, harga karbon aktif 

Bagi Anda yang memiliki hobi aquascape atau aquarium, karbon aktif ini berguna untuk menjaga kejernihan air aquarium Anda.

Ikan dan peliharaan akuatik Anda lama kelamaan akan membuat air akuarium butek/keruh karena kotoran yang dihasilkan bukan? Kombinasi filter pasir silika dan aquarium adalah solusi dari keruhnya aquarium Anda.

Jika air Anda terjaga tetap jernih, tentu ini akan membuat ikan Anda tetap sehat, dan tentunya secara estetis lebih sedap dipandang mata Anda bukan?

Selain karbon aktif, biasanya pemilik akuarium menggunakan juga pasir silika dengan dua tujuan: pertama sebagai filter kotoran ikan, kedua sebagai pasir hiasan (baik mesh halus maupun mesh gravel).

Informasi mengenai pasir silika selengkapnya bisa Anda baca di sini:

BACA INI: 13 Fungsi Pasir Silika Filter Air di Industri dan Rumah Tangga

3. Karbon Aktif sebagai Pemutih Gigi

Gigi kuning putihkan dengan karbon aktif 

Siapa yang suka jika giginya berwarna kuning? Gigi kuning akan mengurangi rasa percaya diri ketika berkomunikasi, khususnya jika berbicara dengan orang yang ia hormati atau penting.

Makanan yang mengandung tannin dan kafein adalah penyebab utama gigi kuning. Penguningan gigi jangka Panjang terjadi saat partikel-partikel tersebut menempel pada enamel gigi.

Karbon aktif bubuk terbukti dapat digunakan untuk memutihkan gigi karena dapat menyerap warna, partikel, dan plak yang menempel pada gigi Anda dengan penggunaan rutin.

4. Karbon Aktif sebagai Penghilang Bau Kulkas


Karbon aktif dapat menghilangkan bau kulkas 

Pernahkah Anda mendapatkan kulkas Anda bau? Sumber bau bisa berasal dari macam-macam, seperti ikan, sayur, daging, sup yang terlalu lama di kulkas dan lupa dikeluarkan.

Meski kulkas memperlambat waktu pembusukan, namun jika bahan-bahan makanan tersebut disimpan terlalu lama, maka pada waktunya akan busuk juga dan bakteri yang bermunculan akan menyebabkan bau yang sulit hilang meski sudah dibersihkan.

Untuk mempercepat menghilangkan bau kulkas, Anda bisa menggunakan karbon aktif pellet yang berfungsi untuk gas treatment dan odor control (pengontrol bau).

5. Karbon Aktif sebagai Dekolorisasi Gula Rafinasi

Di industri gula, karbon aktif granular (GAC) digunakan untuk proses dekolorisasi dan penghilangan ketidakmurnian gula. Bahan dasar karbon yang digunakan bisa dari batubara (karbon aktif coal based) maupun arang kayu (karbon aktif woodbased).

Proses dekolorisasi karbon aktif ini menjadikan gula yang dijual ke konsumen berwarna putih. Selain itu, karbon aktif juga menyerap kontaminan yang tidak bisa dikonsumsi oleh manusia pada proses manufakturing gula.

Selain karbon aktif, biasanya digunakan juga resin kation-anion untuk kebutuhan dekolorisasi gula. Metode ini bersifat substitusi, tergantung sistem di perusahaan.

Resin digunakan untuk demineralisasi dan dapat mengikat kation atau anion dengan mensubstitusinya dengan ion Cl- atau Na+.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai resin kation-anion, Anda bisa baca di artikel berikut:

7 Aplikasi Resin Kation-Anion sebagai Media Softener Air Terbaik untuk Industri dan Rumah Tangga

jual karbon aktif, harga karbon aktif 

6. Karbon Aktif sebagai Adsorben Polutan Farmasi

Dikutip dari situs in-pharmatechnologist.com, Diantara kenaikan permintaan karbon aktif pada tahun 2010 menjadi mencapai 1,2 juta metrik ton adalah pertambahan penggunaannya di sektor farmasi.

Fungsi karbon aktif di industri farmasi adalah untuk mengadsorpsi pollutant saat proses manufakturing obat-obatan.

7. Karbon Aktif di Proses Sea Water Reverse Osmosis

Sea Water Reverse Osmosis adalah proses reverse osmosis yang bertujuan untuk membuat tawar air laut. Biasanya, industri-industri yang dekat pantai menginstalasi sistem ini untuk kebutuhan air industrinya.

Filter karbon aktif pada SWRO bertujuan untuk menghilangkan kontaminan organik yang dapat merusak membran RO.

8. Karbon Aktif sebagai Pertolongan Pertama untuk Keracunan


Anda bisa membeli karbon aktif norit di apotik 

Diantara pertolongan pertama pada keracunan atau overdosis adalah mengonsumsi karbon aktif. Di apotik, Anda bisa membeli karbon aktif Norit dengan bentuk pil siap telan.

Namun, tidak semua jenis racun bisa diserap oleh karbon aktif ini. Anda harus selalu mempercayakan pada professional untuk penanganan dengan menghubungi nomor gawat darurat.

9. Karbon Aktif sebagai Zat Aditif Makanan


Tahukah Anda burger ini ditambahkan karbon aktif? 

Karbon aktif yang digunakan sebagai bahan makanan biasanya terbuat dari arang bamboo atau arang tempurung kelapa. Ia memberikan rasa yang menarik dan warna eksotis yang fashionable.

Karbon aktif memang tidak berbahaya untuk tubuh dalam dosis tertentu. Bahkan ada karbon aktif yang memang diproduksi untuk dikonsumsi seperti Norit untuk pertolongan pertama pada keracunan atau untuk sakit perut.

Diantara koki dan retailer makanan yang mempelopori penggunaan karbon aktif sebagai bahan makanan meliputi Ferran Adrià, Burger King, René Redzepi, Simon Rogan and Waitrose.

10. Karbon Aktif sebagai Filter Styrene di Akuaponik

Bagi Anda yang memiliki hobi akuaponik, Anda biasanya akan mengalami kesulitan menghilangkan Styrene. Dalam laporan Assessment of Styrene Emission Controls for FRP/C and Boat Building Industries oleh U.S. Environmental Protection Agency, karbon aktif direkomendasikan sebagai media filter Styrene yang sangat efektif.

11. Karbon aktif di Industri Kosmetik


Pria menggunakan masker karbon aktif 

Fungsi karbon aktif paling populer di industri kosmetik khususnya di kalangan remaja adalah masker karbon aktif. Karbon aktif bubuk dengan tingkat adsorpsi tinggi dapat dengan mudah menyerap minyak di wajah dan rambut.

Selain itu, karbon aktif juga digunakan sebagai sampo, sabun, dan scrub untuk menghilangkan partikel kotoran dan debu di wajah maupun kulit.

12. Karbon Aktif Sebagai Pasir Kucing / Cat Litter

Karbon aktif berfungsi sebagai pasir kucing karena kemampuan yang sangat tinggi dalam mengontrol bau. Karbon aktif juga dipilih menjadi pasir kucing karena mudah untuk di-scoop dan tidak menimbulkan debu.

Selain karbon aktif, ada juga loh jenis pasir yang biasa digunakan untuk pasir kucing dan pasir hamster, pasir zeolit. Karakternya tidak menggumpal dan dapat efektif menyerap bau bahkan lebih bagus dibandingkan karbon aktif untuk kebutuhan pasir kucing atau pasir hamster.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang zeolit, Anda bisa baca di:

PENTING: 9 Fungsi Zeolit, Dari Pasir Zeolit Hamster hingga Filter Air Industri

13. Karbon Aktif sebagai Filter Kontaminan Minyak Makan

Minyak Makan seperti minyak kelapa sawit, minyak kelapa, minyak bunga matahari, minyak kacang keledai, minyak ikan, dan lain-lain dapat terkontaminasi senyawa anthropogenic seperti polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH), dioxins dan polychlorinated biphenyls (PCB).

Industri minyak menggunakan karbon aktif bubuk (PAC) untuk menghilangkan kontaminan tersebut secara spesifik, baik digunakan sendiri maupun bersama dengan media lainnya.

Bagi Anda yang ingin membeli karbon aktif per kilo, per kg, per ton untuk kebutuhan seperti filter air, aquarium, industri, maupun depot air isi ulang, langsung hubungi sales Ady Water di:
Whatsapp 0813 2259 9149
adywater@gmail.com

14. Karbon Aktif untuk Membuat Baterai DIY


Membuat baterai dengan karbon aktif 

Bagi Anda yang suka project DIY (Do It Yourself) dan kreatif, Anda bisa membuat baterai menggunakan bahan dasar karbon aktif.

Prinsipnya adalah sebagai berikut: Aluminum foil bereaksi dengan air laut dan melepaskan electron. Elektron mengalir melewati sirkuit dan masuk ke karbon aktif. Elektron diserap oksigen yang sebelumnya diserap karbon aktif dari udara (proses oksidasi-reduksi)

15. Karbon Aktif sebagai Filter di Pertambangan Emas

Salah satu penggunaan major dari karbon aktif di pertambangan adalah pemurnian emas, dimana digunakan karbon aktif granular (GAC) dalam adsorpsi emas-sianida complex di sistem carbon-in-pulp (CIP) dan carbon-in-leach (CIL).

Karbon aktif untuk pemurnian emas ini memiliki kekerasan yang superior dengan nilai iodin / tingkat adsoprsi tinggi untuk mendapatkan tingkat kemurnian emas tinggi dan meminimalisir hilangnya emas dalam proses.

16. Karbon Aktif sebagai Penyerap Tumpahan Minyak di Laut


Tumpahan minyak di laut lepas 

Tahukah Anda bahwa pada tahun 2018, International Tanker Owners Pollution Federation (ITOPF) mencatat terjadi tiga tumpahan minyak besar (>700 ton) dan tiga tumpahan kecil (7–700 ton) di lautan lepas?

Tumpahan minyak ini tentu sangat berbahaya dan dapat merusak ekosistem laut, selain tentunya memberikan dampak kerugian ekonomi yang sangat besar akibat kejadian tersebut.

Keefektifan karbon aktif dalam menyerap tumpahan minyak di lautan lepas tersebut dibuktikan oleh Tabbakh dari University of Aleppo dalam studinya yang diterbitkan di Materials Science: An Indian Journal Th. 2018;16(1):127.

Karbon aktif yang digunakan sendiri berasal dari limbah agrikultural dengan luas permukaan 1343.75 m2/gram karbon.

17. Karbon Aktif sebagai Gas Treatment

Karbon aktif untuk gas treatment memiliki bentuk yang berbeda dengan water treatment. Untuk water treatment, biasanya menggunakan yang bentuk granular atau powder, sementara gas treatment menggunakan yang bentuk pellet.

Dikutip dari situs desotec.com, diantara fungsi karbon aktif sebagai gas treatment adalah untuk menghilangkan VOC (bahan organik mudah menguap), control bau, serta memfilter merkuri, dioxin, dan kontaminan lain dari gas bahan bakar.

18. Karbon Aktif sebagai Masker Gas Berbahaya


Masker gas 

Karbon aktif pellet sebagai media filter utama dalam gas treatment bisa digunakan sebagai masker gas berbahaya.

Sebagian tipe masker gas professional yang digunakan standar militer pun menggunakan karbon aktif dengan nilai iodin dan tingkat penyerapan yang tinggi sebagai bahan dasarnya.

19. Karbon Aktif sebagai Katalis Herbisida

Karbon aktif memiliki peranannya di bidang agrikultur sebagi katalis dalam produksi herbisida. Jenis karbon aktif yang dipilih harus karbon aktif bubuk (PAC) dengan nilai iodin tinggi untuk menghasilkan herbisida yang sangat efektif.

Selain itu, karbon aktif di bidang agrikultur juga berperan untuk meningkatkan rate hidup benih tumbuhan dengan cara mencampurkannya dengan pupuk.

20. Karbon Aktif sebagai Campuran Semen dalam Konstruksi

Tahukah Anda bahwa ternyata karbon aktif granular bisa digunakan sebagai campuran semen dalam konstruksi? GAC meningkatkan compressive/tensile strength saat pasir digantikan dengan ≤2% dari massanya.

GAC juga mengurangi porositas dan diameter pori-pori kritis saat pasir diganti dengan ≤1% dari massanya.

21. Karbon Aktif di Pengolahan Air Limbah

Karbon aktif bubuk (PAC) dan karbon aktif granular (GAC) sudah lama digunakan sebagai media untuk menghilangkan kandungan organic dan mengurangi toksisitas air limbah sehingga aman untuk dikembalikan ke lingkungan.

Karbon aktif digunakan untuk mengontrol FOG (fats/lemak, oils/minyak, dan grease/gemuk), BOD (biological oxygen demands), PPCP (pharmaceutical personal care products), EDC (endocrine disrupting compounds) dan DBP (disinfection byproducts).

Pada pengolahan air limbah, biasanya salah satu kandungan yang harus dihilangkan adalah kandungan besi dan mangan, khususnya di industri pengolahan logam.

Air yang mengandung besi dan mangan berwarna kemerahan, dapat menimbulkan berbagai kerugian lingkungan. Karbon aktif tidak bisa digunakan untuk mengadsorp besi dan mangan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan media seperti Birm, Pasir Aktif, dan Manganese Greensand Plus.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa baca artikelnya di sini:

Perbandingan Fungsi dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif Ferrolite, dan Corosex sebagai Media Filter


Sangat bermanfaat sekali kan karbon aktif ini? Karbon aktif ada hampir di semua bidang, baik personal care, filter air, hingga industrial dengan 21 fungsi karbon aktif di atas.

Untuk daftar harga arang / karbon aktif sendiri, silakan ditanyakan langsung ke team sales kami, namun kami akan memberikan guide harga karbon aktif supaya Anda tidak merasa harga terlalu mahal karena memang nilai dari produk ini sangat tinggi.



Harga karbon aktif berbeda antara yang berbasis batu bara dan yang berbasis tempurung kelapa. Umumnya, karbon aktif berbasis batu bara memiliki harga tinggi, diantaranya karbon aktif import seperti CarboTech dan Jacobi. 




Mengapa harganya lebih tinggi? Karena karakter karbon yang dihasilkan dari batubara memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding tempurung kelapa, sehingga karbon aktif ini dapat diaplikasikan pada sistem filter bertekanan tinggi. Jika menggunakan karbon aktif berbasis tempurung kelapa, tentu akan mudah hancur.




Harga karbon aktif ditentukan berdasarkan nilai iodin nya. Nilai iodin adalah nilai dalam mg Iodin/gram karbon aktif, yaitu seberapa banyak iodin yang mampu diserap setiap gram karbon aktif. Nilai ini menjadi acuan untuk menilai kapasitas penyerapan karbon aktif. Semakin besar nilainya, maka umumnya semakin mahal karena semakin berkualitas karbon aktif tersebut.




Harga karbon aktif jika Anda membeli hanya 1 karung, tentu akan berbeda jika Anda membeli dalam skala kuintal, dan akan berbeda lagi jika dalam skala tonase. Bahkan kami bisa memberikan Anda gratis ongkos pengiriman.




Silakan tanyakan ke sales kami apabila Anda membutuhkan sampel karbon aktif berikut sertifikat analisis mengenai karbon aktif tersebut.