Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Sifat Karbon Aktif Adsorpsi? Gambar Karbon Aktif yang Dijual Ady Water

Sifat Karbon Aktif dan Gambar Karbon Aktif

Karbon aktif, juga disebut arang aktif, adalah bentuk karbon yang diproses untuk memiliki pori-pori kecil bervolume rendah yang meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk adsorpsi atau reaksi kimia dan katalis.

Karbon aktif disebut juga activated carbon atau active carbon. Karena tingkat mikroporositasnya yang tinggi, satu gram karbon aktif memiliki luas permukaan lebih dari 3.000 m2 (atau 32.000 sq ft) sebagaimana ditentukan oleh adsorpsi gas.

Tingkat aktivasi yang cukup untuk aplikasi yang berguna dapat diperoleh hanya dari luas permukaan yang tinggi. Treatment kimia lebih lanjut sering meningkatkan sifat adsorpsi.

sifat karbon aktif, gambar karbon aktif, adsorption carbon activated, activated carbon, charcoal carbon aktif

Di artikel ini, Bapak Ibu dapat mengetahui lebih lanjut mengenai sifat karbon aktif dan juga mengetahui gambar-gambar karbon aktif yang dijual Ady Water dengan daftar isi sebagai berikut:

Daftar Isi Artikel
Apa itu Sifat Karbon Aktif Adsorpsi?
Apa Saja Zat yang Bisa Diadsorpsi oleh Karbon Aktif?
Bagaimana Proses Adsorpsi yang Terjadi oleh Karbon Aktif?
Apa Perbedaan Sifat Adsorpsi dan Absorbsi?
Apa Faktor yang Mempengaruhi Performa Adsorpsi Karbon Aktif?
Gambar Karbon Aktif Pellet Lokal
Gambar Karbon Aktif Mesh 8-16 Lokal
Gambar Karbon Aktif Mesh 6-12 Lokal
Gambar Karbon Aktif Mesh 4-8 Lokal
Gambar Karbon Aktif mesh 8-16 Haycarb
Cara Beli Karbon Aktif ke Ady Water

Bab 1: Apa Itu Sifat Karbon Aktif Adsorpsi?

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa karbon aktif memiliki sifat adsorpsi / adsorption. Sebetulnya apa itu sifat adsorpsi karbon aktif?

Adsorpsi adalah proses dimana padatan / solid digunakan untuk menghilangkan zat terlarut dari air. Dalam proses ini karbon aktif yang berperan sebagai padatan tersebut.

Karbon aktif diproduksi secara khusus untuk mencapai permukaan internal yang sangat besar (dalam sumber lain mencapai antara 500 - 1500 m2/g) tergantung dari bahan baku karbon aktif dan proses aktivasinya.

Permukaan internal yang besar ini membuat karbon aktif ideal untuk adsorpsi.

Di Ady Water, ada tiga jenis karbon aktif yang kami jual yaitu:

  1. Karbon Aktif Serbuk / Karbon Aktif Powder (PAC)
  2. Karbon Aktif Granular (GAC)
  3. Karbon Aktif Pellet

Ini adalah salah satu keunggulan Ady Water karena kami bisa suplai berbagai jenis karbon aktif yang belum tentu bisa disuplai oleh kompetitor kami.

Bab 2: Bagaimana Proses Adsorpsi yang Terjadi Oleh Karbon Aktif?

Lalu, apa saja zat-zat yang dapat diadsorpsi / diserap oleh karbon aktif?

Ady Water digunakan untuk menyerap zat-zat kontaminan dalam proses penjernih air.

Umumnya, yang banyak digunakan untuk pengolahan air industri dan rumah tangga adalah karbon aktif granular yang mampu menyerap zat terlarut berikut:

1. Zat organik non-polar seperti:

  • Minyak mineral
  • BTEX
  • Hidrokarbon poli aromatik (PAC)
  • (klorida) fenol

2. Adsorpsi zat terhalogenasi: I, Br, Cl, H en F

3. Bau

4. Rasa

5. Ragi

6. Berbagai produk fermentasi

7. Zat non-polar (Zat yang tidak larut dalam air)

sifat karbon aktif, gambar karbon aktif, adsorption carbon activated, activated carbon, charcoal carbon aktif, karbon aktif haycarb, karbon aktif jacobi

Bab 3: Bagaimana Proses Sifat Adsorpsi Ini Menjernihkan Air?

Air dipompa dalam kolom yang mengandung karbon aktif, air ini meninggalkan kolom melalui sistem pembuangan.

Aktivitas kolom karbon aktif tergantung pada suhu dan sifat zat. Air melewati kolom secara konstan, yang memberikan akumulasi zat dalam filter. Untuk itu filter perlu diganti secara berkala.

Filter bekas dapat diregenerasi dengan cara yang berbeda, karbon granular dapat diregenerasi dengan mudah dengan mengoksidasi bahan organik.Efisiensi karbon aktif berkurang 5 - 10% 1).

Sebagian kecil dari karbon aktif hancur selama proses regenerasi dan harus diganti. Jika Anda bekerja dengan kolom yang berbeda secara seri, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami kelelahan total dari sistem pemurnian Anda.

Bab 4: Apa Perbedaan Sifat Adsorpsi dan Absorbsi?

Ada dua istilah yang seringkali terbalik-balik, yaitu adsorpsi (adsorption) dan absorpsi (absorption). Apa perbedaaanya?

Adsorpsi: Ketika suatu zat menempel pada suatu permukaan, dalam hal ini zat tersebut menempel pada permukaan internal karbon aktif.

Absorpsi: Ketika suatu zat diserap dalam media yang berbeda itu disebut absorpsi. Ketika gas diambil dalam larutan itu disebut penyerapan.

Sifat yang dimiliki karbon aktif adalah sifat adsorpsi.

Bab 5: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Performa Adsorpsi Karbon Aktif

Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi performa adsorpsi karbon 

Kapasitas adsorpsi karbon aktif. Karbon aktif memiliki daya adsorpsi yang berbeda, daya nya dikuantifikasi dengan paremeter nomor iodin dengan satuan mg/g. Semakin tinggi nomor iodin maka daya adsorpsinya semakin tinggi.

Jenis senyawa yang akan dihilangkan. Senyawa dengan berat molekul tinggi dan kelarutan rendah diserap lebih baik.

Konsentrasi senyawa yang akan dihilangkan. Semakin tinggi konsentrasi, semakin tinggi konsumsi karbon.

Adanya senyawa organik lain yang akan bersaing memperebutkan tempat adsorpsi yang tersedia.

pH aliran limbah. Misalnya, senyawa asam lebih baik dihilangkan pada pH yang lebih rendah.

Bab 6: Gambar Karbon Aktif Pellet Lokal

Berikut adalah gambar karbon aktif lokal jenis pellet yang dijual Ady Water

sifat karbon aktif, gambar karbon aktif, adsorption carbon activated, activated carbon, charcoal carbon aktif, karbon aktif haycarb, karbon aktif jacobi

Umumnya karbon aktif lokal memiliki bahan dasar tempurung kelapa atau disebut juga coconut shell base.

Kelebihan dari karbon aktif dengan bahan dasar tempurung kelapa adalah harga karbon aktif nya yang terjangkau.

Ady Water bisa suplai karbon aktif pellet untuk kebutuhan Bapak Ibu, jarang supplier karbon aktif umum yang bisa suplai karbon aktif pellet, kebanyakan hanya bentuk granul / pasir.

Fungsi dari karbon aktif pellet ini umumnya untuk kebutuhan gas treatment, sepert menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap / volatile organic compound, merkuri dari gas alam, serta menghilangkan bau.

Bab 7: Gambar Karbon Aktif Mesh 8-16 Lokal

Ini adalah gambar karbon aktif granular mesh 8-16 lokal merek Ady Water

sifat karbon aktif, gambar karbon aktif, adsorption carbon activated, activated carbon, charcoal carbon aktif, karbon aktif haycarb, karbon aktif jacobi

Salah satu fungsi karbon aktif menghilangkan bau yang tidak diinginkan dengan bertindak sebagai adsorben yang akan menjebak bau di dalam karbon aktif dan menahannya.

Karbon aktif lokal mesh 8-16 ini merupakan adsorben yang baik karena luas permukaannya yang besar, umumnya digunakan untuk kebutuhan air sumur bor rumah tangga.

Namun untuk kebutuhan industri atau pabrik, kami menyarankan menggunakan karbon aktif import dengan daya adsorpsi lebih tinggi.

Fungsi umum karbon aktif dalam water treatment adalah menghilangkan bau, polutan, dan VOC yang tidak diinginkan dan berbahaya.

Bab 8: Gambar Karbon Aktif Mesh 6-12 Lokal

jual karbon aktif lokal, harga karbon aktif mesh 6-12, harga karbon aktif lokal, gambar karbon aktif ady water

Sedikit berbicara mengenai prinsip pembuatan karbon aktif lokal, Bapak Ibu.

Karbon aktif atau arang aktif dapat dibuat dari biomassa atau bahan yang mengandung selulosa seperti batok kelapa atau batok kemiri menggunakan proses termal.

Salah satu proses termal adalah pirolisis, dimana dalam proses ini material diubah menjadi karbon. Hasil pirolisis berupa tiga jenis produk yaitu padatan (arang/karbon), gas (bahan bakar gas) dan cair (bio-oil).

Produk lainnya adalah gas seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4) dan beberapa gas yang memiliki kandungan kecil.

Pada umumnya proses pirolisis berlangsung pada suhu di atas 300 °C dalam waktu 4-7 jam. Karbon terkarbonisasi atau pirolisis tidak memiliki kapasitas adsorpsi yang besar karena struktur porinya tidak berkembang, sehingga perlu proses aktivasi.

Salah satu cara untuk mengaktifkan karbon adalah aktivasi kimia. Perlu diketahui bahan terbaik untuk mengaktifkan karbon melalui proses kimia.

Dari berbagai metode aktivasi kimia, aktivator yang menjanjikan untuk membuat karbon aktif adalah Asam Fosfat (H3PO4) karena dapat menghasilkan karbon aktif yang memiliki mikropori maksimum pada kondisi operasi <450 C dengan perbandingan persen berat antara aktivator dan sampel sekitar 29 - 52 %. (dari berbagai sumber)

Bab 9: Gambar Karbon Aktif Mesh 4-8 Lokal

Berikut adalah sampel karbon aktif mesh 4-8 lokal yang dijual Ady Water

supplier karbon aktif haycarb, jual karbon aktif haycarb, harga karbon aktif tempurung kelapa, jual karbon aktif haycarb indonesia

Tahukah Bapak Ibu bahwa salah satu aplikasi karbon aktif adalah untuk water treatment pada kolam renang?

Banyak kolam renang yang menggunakan chemical klorin untuk proses disinfeksi mikroba berbahaya. Namun, klorin adalah bahan kimia yang dapat beraksi dengan keringat, urin, atau kimia organik lain di dalam air.

Reaksi ini menghasilkan apa yang disebut produk sampingan disinfeksi (Disinfection By-Products / DBPs).

Salah satu dampak yang dirasakan para perenang saat kontak dengan klorin adalah iritasi mata, kulit, dan paru-paru.

Sebagian besar sistem kolam terus-menerus mensirkulasi ulang air melalui berbagai langkah perawatan untuk mendisinfeksi air dan mengurangi DBPs dan pendahulunya.

Salah satu strategi pengolahan air yang baik adalah mengkombinasikan antara media sand filter dan juga filtrasi karbon aktif granular, metode ini ampuh menurunkan konsentrasi DBPs.

Bab 10: Gambar Karbon Aktif mesh 8-16 Haycarb

Selain karbon aktif lokal seperti gambar-gambar karbon aktif di atas, Ady Water juga suplai karbon aktif import yaitu karbon aktif merek Haycarb.

Berikut sampel gambar karbon aktif Haycarb mesh 8-16.

supplier karbon aktif haycarb, jual karbon aktif haycarb, harga karbon aktif tempurung kelapa, jual karbon aktif haycarb indonesia

Karbon aktif merek Haycarb digunakan baik untuk kebutuhan industri maupun rumah tangga.

Mengapa karbon aktif Haycarb dipilih sebagai media filter airnya? Kelebihan karbon aktif Haycarb adalah:

1. Harga karbon aktif import yang terjangkau

2. Cocok untuk berbagai aplikasi

3. Memiliki sertifikat halal

Itulah penjelasan mengenai sifat karbon aktif dan juga beberapa foto / dokumentasi / gambar karbon aktif yang Ady Water jual.

Adapun mengenai perbedaan daya adsorpsi antara karbon aktif lokal dan karbon aktif import, Bapak Ibu bisa menyimak penjelasan dari sales Ady Water berikut ini:

Bab 11: Cara Beli Karbon Aktif ke Ady Water

Ady Water bisa suplai karbon aktif untuk industri Bapak Ibu, baik karbon aktif lokal, karbon aktif import merek Jacobi, Calgon, Norit, Haycarb; silakan hubungi kami.

Ady Water sudah jual karbon aktf untuk industri gula rafinasi, PDAM, industri AMDK, depot air minum, industri chemical, industri farmasi, hingga untuk kebutuhan rumah tangga.

Jika Bapak Ibu membutuhkan sampel karbon aktif GRATIS untuk trial pada industri Bapak Ibu sebelum yakin membeli produk, silakan hubungi sales Ady Water di nomor:

0821 2742 4060 (GHANI)

Bapak Ibu juga bisa langsung mengkontak kami melalui whatsapp dengan klik tombol kiri di sebelah kiri layar smartphone, atau tombol live chat di kanan bawah layar smartphone Bapak Ibu.

Alamat gudang karbon aktif Ady Water:

Kantor Pusat Bandung:

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.