Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengidentifikasi Hazard pada Pemrosesan Gas Alam

Ady Water sebagai distributor molecular sieve untuk kebutuhan pemrosesan gas alam akan share ilmu seputar hazard pada pemrosesan gas alam yang harus diperhatikan diantaranya adalah

  • Gas Beracun Seperti H2S dan COS
  • Flammability Gas
  • Asfiksia (Asphyxiation)
  • Gas Korosif
  • Radiasi
  • Tekanan
Gambar dari wikipedia

Keamanan dalam penanganan gas sangatlah penting, karena dari satu sisi bisa menyebabkan cedera kecil, hingga dampak yang lebih serius pada kesehatan, bahkan – meskipun jarang terjadi – berujung pada kematian.

Oleh karena itu, diperlukan manajemen produk yang efektif untuk menjaga tingkat keamanan di fasilitas-fasilitas pengolahan gas alam.

Pendekatan holistik dalam tanggung jawab produk diperlukan, yang melibatkan identifikasi potensi bahaya dan evaluasi resiko yang mungkin timbul dari produk tersebut sepanjang seluruh tahapan siklus hidupnya.

Potensi resiko dievaluasi berhubungan dengan karyawan, fasilitas tetangga, dan lingkungan.

Tujuannya adalah untuk menghindari atau mengurangi resiko tersebut sejauh mungkin.

Hazard pada Pemrosesan Gas Alam

Gas Beracun Seperti H2S dan COS

Salah satu bahaya utama saat menangani gas adalah racun.

Contoh gas yang termasuk dalam kategori bahaya ini adalah karbon monoksida atau beberapa gas yang mengandung belerang, seperti hidrogen sulfida atau karbonil sulfida, yang biasanya dihasilkan dalam operasi kilang, terutama dengan peningkatan desulfurisasi yang dilakukan dalam kilang karena perusahaan minyak terpaksa menggunakan kualitas minyak bumi yang lebih rendah.

Kebocoran gas-gas ini berpotensi menyebabkan masalah keamanan yang signifikan.

Flammability Gas

Bahaya utama berikutnya di kilang adalah flammability gas (sifat mudah terbakar) dan ledakan.

Gas-gas yang mudah terbakar yang ada di kilang termasuk hidrogen dan semua hidrokarbon yang sedang diolah di pabrik, seperti LPG (gas petroleum cair), LNG (gas alam cair), dan semua derivatif minyak bumi yang mudah menguap.

Gas-gas ini umumnya hanya membawa bahaya flammability ketika bercampur dengan udara atau zat pengoksidasi lainnya, menciptakan atmosfer yang mudah terbakar yang dapat menyala oleh api, percikan, permukaan panas, energi elektrostatik, atau sumber penyalaan lainnya.

Asfiksia (Asphyxiation)

Asfiksia adalah bahaya utama lainnya di kilang dan pabrik petrokimia.

Asfiksia terjadi ketika ada kekurangan oksigen dan hanya diperlukan dua helaan nafas dalam atmosfer yang tidak mengandung oksigen – misalnya, di mana udara telah digantikan oleh nitrogen murni — untuk menyebabkan seseorang langsung pingsan.

Jika mereka terus menghirup nitrogen saat pingsan, kematian akan segera menyusul. Asfiksia sering disebut sebagai pembunuh diam, karena jarang ada peringatan bahwa gas-gas inert ini ada dalam volume besar.

Dengan gas-gas inert ini, tidak ada bau peringatan dan seringkali tidak ada awan uap yang terlihat.

Kekurangan oksigen dapat terjadi akibat kelebihan nitrogen, yang mungkin digunakan dengan sengaja di kilang untuk meningkatkan keselamatan.

Misalnya, untuk mengisolasi atmosfer yang mudah terbakar, atau sebagai langkah awal untuk membersihkan tangki penyimpanan yang sebelumnya berisi gas mudah terbakar, untuk memungkinkan pekerja las bekerja di dalam tangki setelah dilakukan pengeluaran kedua dengan udara yang bisa dihirup.

Dalam kasus-kasus ini, pada saat masuk ke ruang terbatas, penting untuk memiliki sistem izin kerja yang kuat, untuk memastikan atmosfer di dalam ruang terbatas aman sebelum memasuki ruangan tersebut.

Prosedur izin masuk harus mencakup konfirmasi ventilasi, peralatan pemantauan gas, ketersediaan peralatan penyelamatan, dan pengawas keamanan yang berjaga di luar ruang terbatas.

Sebaliknya, bahaya keamanan lainnya yang terkait dengan oksigen adalah jika terlalu banyak dari gas tersebut hadir.

Selama pengayaan oksigen, jika tingkat oksigen melebihi 23%, prosedur pembakaran yang sangat akrab akan berubah.

Misalnya, dalam atmosfer udara normal, api las akan terbakar dengan laju yang dapat dikendalikan, tetapi ketika ada terlalu banyak oksigen, api tiba-tiba akan terbakar dengan nyala yang lebih besar dari biasanya.

Pengayaan oksigen dapat disebabkan oleh kebocoran oksigen, yang sering digunakan dalam jumlah besar di kilang dalam berbagai aplikasi, termasuk proses desulfurisasi kontemporer.

Potensi kebocoran besar adalah kecil, tetapi harus dipertimbangkan sebagai bahaya potensial.

Gas Korosif

Isu keamanan berikutnya adalah gas korosif, yang pada umumnya juga bersifat racun, dan berpotensi menyebabkan ruam, kerusakan kulit jangka panjang, dan juga membakar jaringan pernapasan pada kontaknya, dengan konsekuensi fatal yang mungkin.

Gas-gas dalam kategori ini termasuk amonia dan hidrogen klorida yang digunakan di pabrik untuk membersihkan pipa dan peralatan proses.

Deposit kerak ini kadang-kadang disiram dengan gas-gas seperti hidrogen klorida, yang bersifat asam dan mampu mengembalikan peralatan proses ke kondisi semula, sehingga meningkatkan performanya.

Gas-gas berpotensi berbahaya ini sengaja ditangani di pabrik untuk tujuan pemeliharaan atau dihasilkan sebagai produk sampingan dan, selama tetap berada dalam sistem, tidak ada ancaman.

Namun, gas-gas ini bersifat agresif – terutama jika dikombinasikan dengan kandungan kelembaban tinggi — dan memiliki potensi, dari waktu ke waktu, untuk melarutkan saluran pipa dan menciptakan lubang dari mana gas-gas ini dan gas-gas lainnya dapat bocor.

Radiasi

Kategori bahaya yang khusus adalah radiasi. Beberapa instrumen dan perangkat kontrol tingkat menggunakan sumber radioaktif untuk fungsi yang optimal.

Misalnya, flotator radioaktif dapat digunakan untuk mengukur tingkat cairan. Isotop gas langka Kripton 85 mungkin juga hadir di beberapa kilang.

Meskipun radiasi adalah bahaya yang jarang terjadi di kilang dan pabrik petrokimia, di mana bahan-bahan radioaktif diproses, personil pabrik harus memiliki pemahaman yang baik tentang resiko yang terkait.

Tekanan

Ada juga elemen bahaya yang terkait dengan tekanan. Banyak gas tabung disimpan di bawah tekanan hingga 300 bar.

Ini menunjukkan energi tinggi dan bahaya oleh karena pelepasan tekanan tiba-tiba yang dapat membahayakan personil dan merusak aset, terutama jika tabung itu sendiri terpental dengan kecepatan tinggi akibat pelepasan tiba-tiba energi tekanan.

Asalkan tabung gas digunakan sesuai instruksi dan disimpan di area yang berventilasi baik dan suhu normal, jarang terjadi kecelakaan.

Namun, jika tabung-tabung ini ditempatkan di bawah sinar matahari langsung dan intens, mereka mulai menghangat dan gas di dalamnya mulai meningkat dalam tekanan.

Pada sebagian besar produk gas, hal ini tidak menimbulkan masalah karena tabung dirancang untuk menahan peningkatan tekanan ini, tetapi pada gas cair seperti LPG, isinya mulai menguap ketika tabung dipanaskan dan kebocoran karena peningkatan tekanan bisa terjadi.

Video di atas molecular sieve untuk pemrosesan gas alam

Kesimpulan

Identifikasi bahaya dan mitigasi resiko pada pemrosesan gas alam adalah langkah penting yang harus dilakukan oleh petugas K3 / HSE di fasilitas-fasilitas industri.

Bahaya fisik dan kesehatan yang berhubungan dengan toksisitas, kelenturan, asfiksia, dan bahaya tekanan dapat menyebabkan konsekuensi yang serius bagi karyawan, lingkungan, dan fasilitas tetangga.

Penggunaan bahan kimia, gas, dan proses yang tepat, serta implementasi prosedur kerja yang ketat dan pemantauan yang berkelanjutan, adalah kunci untuk meminimalkan resiko dan memastikan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua pihak yang terlibat dalam pemrosesan gas alam.

Peningkatan kesadaran dan pelatihan tentang bahaya dan cara menghadapinya adalah penting agar setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga keselamatan dan kesehatan di fasilitas industri tersebut.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.