Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Air Bau, Berasa, dan Berwarna, Serta Solusi Filter Airnya | Cara Menggunakan Karbon Aktif untuk Menjernihkan Air

Cara Menggunakan Karbon Aktif untuk Menjernihkan Air

Bapak Ibu, tahukah Bapak Ibu fungsi karbon aktif untuk menjernihkan air dan bagaimana cara atau metode penggunaan / pemakaian karbon aktif tersebut?

Karbon aktif ini adalah salah satu media filter air yang sering digunakan untuk menjernihkan air dalam berbagai aplikasi seperti:

  • Filter air bersih untuk industri
  • Filter air bersih untuk sumur bor rumah tangga
  • Filter air minum untuk industri AMDK

dan aplikasi penjernihan air lainnya dapat menggunakan media karbon aktif ini.

cara menggunakan karbon aktif untuk menjernih air, karbon aktif filter air

Lalu apa saja yang Bapak Ibu akan dapatkan dengan membaca artikel ini? Berikut adalah daftar isi artikel ini.

Daftar Isi Artikel
Apakah Bapak Ibu Mengalami Masalah Rasa, Warna, dan Bau pada Air yang digunakan?
Masalah Air Berwarna
Masalah Air Berasa dan Berbau
Bagaimana Cara Karbon Aktif untuk Menjernihkan Air?
Dimana Tempat Beli Karbon Aktif?
Berapa Harga Karbon Aktif?

Bab 1: Apakah Bapak Ibu Mengalami Masalah Rasa, Warna, dan Bau pada Air yang digunakan?

Kadang-kadang, air dapat memiliki bau, rasa, atau penampilan yang tidak menyenangkan. Karakteristik estetika ini biasanya tidak menimbulkan ancaman kesehatan masyarakat dan, dalam banyak kasus, mereka tidak bertahan lama.

Namun, jika terjadi tiba-tiba perubahan warna, rasa, atau bau air keran Bapak Ibu dapat mengindikasikan masalah kesehatan masyarakat.

Sebagai contoh, jika Bapak Ibu selama ini menggunakan baik air sumur bor maupun air PDAM yang jernih namun suatu hari tiba-tiba muncul permasalahan.

Apalagi untuk air minum, sangat tidak direkomendasikan menggunakan air yang terlihat berwarna, serta bau atau rasanya tidak menyenangkan.

Aturan negara mengharuskan sistem air publik untuk menangani masalah kualitas air estetika untuk sumber baru atau jika pelanggan meminta perawatan dan bersedia membayarnya.

Kebanyakan orang ingin air mereka terlihat, rasa, dan baunya enak, dan pastinya termasuk Bapak Ibu yang membaca.

Air baik untuk kebutuhan sanitasi dan higiene seperti mandi, mencuci, membersihkan rumah tangga, tentu Bapak Ibu ingin air yang jernih dan bebas kontaminan bukan?

Demikian pula untuk kebutuhan konsumsi, sangat penting untuk memperhatikan kualitas air berdasarkan parameter-parameter air yang sudah ditetapkan oleh regulasi.

Langkah pertama dalam memecahkan masalah kualitas air estetika adalah untuk mengidentifikasi apakah itu berasal dari pipa rumah tangga Bapak Ibu atau dari air utilitas atau persediaan sumur Bapak Ibu.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya orang lain di lingkungan Bapak Ibu jika mereka memiliki masalah yang sama.

Cara lain adalah untuk menghubungi utilitas air Bapak Ibu atau dinas kesehatan setempat.

media penjernih air, harga media karbon aktif untuk menghilangkan bau pada air

Di bawah ini adalah kekhawatiran khas dan penyebab paling umum.

Jika Bapak Ibu menggunakan pasokan air umum dan Bapak Ibu memiliki salah satu dari masalah ini, atau Bapak Ibu tidak dapat memperbaiki sendiri masalahnya, hubungi penyedia air setempat (PDAM).

Namun jika Bapak Ibu memiliki sumur pribadi, dengan berkonsultasi pada jasa pemasangan filter air ADY WATER mungkin dapat memberikan saran terbaik kepada Bapak Ibu.

Bab 2: Masalah Air Berwarna

Jika air Bapak Ibu tiba-tiba berubah warna — apa pun warnanya — itu mengindikasikan masalah dan bisa berdampak pada kesehatan.

Kemungkinan ada sesuatu yang mengganggu aliran air di saluran air publik, seperti pemutusan saluran atau pemadaman kebakaran, atau masalah pipa memungkinkan air yang tidak aman masuk ke saluran.

Air berwarna hijau atau biru

Biasanya disebabkan oleh korosi pipa tembaga. Jika korosi adalah terjadi, air yang menetes akan meninggalkan noda hijau kebiruan pada perlengkapan porselen.

Logam tertentu yang dapat masuk ke air minum karena korosi, seperti tembaga atau timah, dapat menimbulkan masalah kesehatan. Air yang terlalu korosif dapat menyebabkan masalah dengan perpipaan rumah. 

Air berwarna hitam atau coklat tua

Masalah ini sering disebabkan oleh mangan di dalam air atau sedimen pipa. Jika air tidak jernih setelah beberapa menit menyiram semua keran dan toilet air dingin Bapak Ibu, tunggu sekitar satu jam dan coba lagi. Jika masih belum jernih, hubungi penyedia air Bapak Ibu.

Air coklat, merah, jingga atau kuning

Biasanya disebabkan oleh karat besi. Besi galvanis, baja, atau pipa besi cor di rumah atau bisnis, atau saluran air dapat menyebabkan air berkarat.

Hal ini bisa disebabkan juga oleh kandungan besi dan mangan dalam air sumur bor di rumah Bapak Ibu.

Tentunya air berwarna merah, jingga, dan kuning ini sangat merugikan karena dapat merusak pakaian dan peralatan rumah tangga.

air mengandung besi, mengandung warna

Bab 3: Masalah Air Berasa dan Berbau

Jika rasa atau bau terjadi di setiap kran air di properti, penyebabnya mungkin adalah pasokan air utama. Jika itu hanya terjadi di keran tertentu, masalahnya adalah perlengkapan atau pipa yang memasok keran spesifik tersebut.

Jika masalahnya hilang setelah mengalirkan air selama beberapa menit, masalahnya ada di suatu tempat dalam sistem pipa rumah tangga Bapak Ibu.

Bau Minyak bumi, bensin, terpentin, bahan bakar, atau bau pelarut

Bau ini jarang terjadi, tetapi berpotensi serius. Jangan gunakan airnya. Tangki penyimpanan bawah tanah yang bocor dapat mencemari pasokan air Anda. Segera hubungi perusahaan air minum atau dinas kesehatan setempat.

Berasa logam

Besi atau tembaga, dapat merembes ke dalam air dari pipa. Logam yang kurang umum, seperti seng dan mangan, juga bisa menjadi masalah.

Jika Bapak Ibu khawatir, mintalah air Anda dianalisis dengan laboratorium bersertifikat, atau hubungi utilitas air Bapak Ibu.

Klorin, kimia, atau rasa atau bau obat

Menambahkan klorin ke air atau interaksi dari klorin dengan penumpukan bahan organik di sistem saluran air Bapak Ibudapat menyebabkan rasa atau bau kuat. Ini biasanya bukan ancaman kesehatan langsung.

Jika rasa atau baunya terasa kuat bagi Bapak Ibu, hubungi dinas kesehatan setempat atau perusahaan filter air Ady Water untuk mendapatkan saran.

Bau belerang atau telur busuk

Bakteri yang tumbuh di saluran pembuangan wastafel atau pemanas air panas dapat menyebabkan bau. Hidrogen sulfida yang terjadi secara alami dalam persediaan air Bapak Ibu juga dapat menyebabkan bau ini.

Untuk mengevaluasi Sebab, masukkan sedikit air ke dalam gelas sempit, menjauhlah dari wastafel, putar-putar airnya di dalam gelas, dan cium baunya.

Jika air tidak berbau, kemungkinan masalahnya adalah bakteri di saluran pembuangan. Jika airnya memang berbau, bisa jadi dari pemanas air panas Bapak Ibu. Ada elemen dalam panasmu pemanas air yang dirancang untuk melindunginya dari korosi.

Terkadang unsur tersebut menyebabkan bau sulfida seperti itu memburuk dari waktu ke waktu. Tukang ledeng berlisensi mungkin dapat mengevaluasi masalah ini.

Bau berjamur, apek, bersahaja, berumput, atau amis

Bakteri tumbuh di saluran pembuangan atau dari bahan organik seperti tumbuhan, hewan, atau bakteri yang secara alami terdapat di danau dan waduk pada waktu-waktu tertentu tahun dapat menyebabkan bau.

Bapak Ibu dapat mengevaluasi sumber masalah ini dengan memasukkan sedikit air dalam gelas sempit, menjauh dari wastafel, memutar-mutar air di dalam gelas, dan menciumnya.

Jika air tidak berbau, kemungkinan sumbernya adalah saluran pembuangan. Jika memang memiliki bau, sumbernya bisa menjadi bahan organik dalam air minum Bapak Ibu.

Meskipun tidak berbahaya, bahan ini dapat mempengaruhi rasa dan bau air minum Bapak Ibu  bahkan pada konsentrasi yang sangat rendah.

Rasa asin

Kadar natrium, magnesium, atau kalium alami yang tinggi dapat menyebabkan rasa asin. Jika Bapak Ibu tinggal di daerah pesisir, air laut mungkin merembes ke pasokan air tawar. Ini bisa menjadi ancaman kesehatan.

jual karbon aktif, harga karbon aktif, beli karbon aktif, karbon aktif filter air

Bab 4: Bagaimana Cara Karbon Aktif dalam Menjernihkan Air?

Karbon aktif adalah salah satu solusi filter air untuk menjernihkan air serta menyerap bau, rasa, dan warna pada air.

Cara karbon aktif dalam menjernihkan air adalah dengan mengadsorp kontaminan penyebab bau, rasa, dan warna dalam air, menjadikan air yang jernih dan bebas bau.

Tidak semua kontaminan dapat diadsorp oleh karbon aktif, oleh karena itu penting bagi Bapak Ibu untuk berkonsultasi terlebih dahulu terhadap penyedia jasa filter air ADY WATER agar mendapatkan solusi yang paling tepat untuk masalah air.

Cara menggunakan karbon aktif untuk menjernihkan air adalah dengan menggunakan water treatment plant yang berisikan berbagai media seperti karbon aktif, pasir silika, pasir aktif; tergantung dari masalah air sumber serta hasil air yang ingin dicapai.

Untuk kebutuhan rumah tangga, umumnya cara menggunakan karbon aktif untuk menjernihkan air dengan memasukkannya ke dalam tabung filter air yang akan dilewati air bau, keruh, dan kotor, menghasilkan air jernih dan bebas bau.

Bab 5: Dimana Beli Karbon Aktif Filter Air?

Ady Water distributor karbon aktif filter air untuk merek lokal dan merek import.

Kami sudah suplai karbon aktif untuk industri chemical, industri obat-obatan, industri makanan agri, industri farmasi, PDAM, industri AMDK dan berbagai bidang industri lainnya.

Ady Water juga mensupport teknisi untuk pemasangan water treatment plant ataupun tabung filter air baik untuk kebutuhan industri maupun rumah tangga.

Berikut adalah salah satu video pemasangan tabung filter air dan tabung softener di salah satu pabrik klien kami daerah Jawa Barat

Untuk alamat gudang karbon aktif Ady Water adalah:

Kantor Pusat Bandung:

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Bab 6: Berapa Harga Karbon Aktif?

Harga karbon aktif per kg, per karung per ton, grosir bisa Bapak Ibu tanyakan pada Ady Water dengan emnghubungi kam idi

0821 2742 4060 (GHANI)

Bapak Ibu bisa juga dengan klik tombol whatsapp di sebelah kiri bawah layar smartphone Bapak Ibu untuk langsung menghubungi kami menggunakan aplikasi whatsapp.

Jika Bapak Ibu tertarik, Bapak Ibu juga bisa untuk berkonsultasi menggunakan live chat dengan klik tombol live chat di sebelah kanan bawah layar smartphone atau laptop / PC Bapak Ibu.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.