Cara Menggunakan SIlica Gel untuk Tas - Fungsi Silica Gel Industri Tas

Ini Dia Cara Menggunakan Silica Gel pada Tas

Halo sobat Ady Water, mari kita belajar tentang fungsi silica gel untuk tas serta cara menggunakannya.

Artikel ini bermanfaat untuk kebutuhan pribadi Anda yang memiliki tas maupun untuk kebutuhan toko / industri yang menjual tas.

cara menggunakan silica gel untuk tas

Jika Anda belum mengetahui manfaat silica gel ini, manfaat silica gel adalah sebagai drying agent atau disebut juga desiccant.

Silica gel sebagai drying agent menyerap kelembaban atau molekul-molekul air di udara. Kita tahu bahwa di udara terdapat molekul air dalam bentuk gas dengan satuan pengukuran moisture level.

Di daerah dengan kelembaban rendah / gersang / kering, maka moisture level akan mendekati 0, sementara jika kelembaban tinggi, maka moisture level mendekati 100.

Satuannya bisa dalam satuan persentase (saturasi), ppm, mg air / L udara, dan lain-lain.

Silica gel memiliki pori-pori sangat banyak di seluruh permukaan manik-manik dengan bentuk berongga seperti gua.

Dengan adanya pori-pori ini, molekul air di sekitarnya akan terserap dan terjebak di dalam pori-pori silica gel sehingga udara sekitarnya menjadi kering.

Dengan prinsip ini, teknologi desiccant menghasilkan juga media seperti molecular sieve yang pori-pori nya didesain untuk memerangkap partikel lain atau memurnikan udara menjadi oksigen murni, nitrogen murni, dan lain sebagainya.

Fungsi Silica gel di Dalam Tas

Jika Anda membeli tas ke toko, biasanya di dalam tas dipenuhi kertas-kertas koran atau silica gel. Kedua benda ini dimasukkan dengan tujuan yang sama, yaitu agar udara di dalam tas tidak mengandung kelembaban.

Karena jika udara di dalam tas mengandung kelembaban, hal ini merusak material, menimbulkan jamur, memudarkan warna, membuat isi tas menjadi bau apek, dan lain sebagainya.

Silica gel sebagai media yang memang khusus digunakan untuk drying agent tentu jauh lebih efektif dan kinerja nya bisa terukur oleh industri dibandingkan sebatas kertas koran.

Makanya Silica gel juga ditemui di sepatu, baju, vitamin, makanan, kue kering semua dengan fungsi yang sama; yaitu agar udara di dalam wadah tidak lembab dan merusak produk.

Bagaimana Cara Menggunakan Silica Gel di Dalam Tas

Bapak Ibu harus mengetahui bahwa meskipun silica gel memiliki daya serap tinggi, namun ia juga punya kapasitas tertentu.

Artinya silica gel tidak bisa digunakan selamanya untuk menyerap molekul air, karena molekul air yang masuk ke dalam silica gel tidak hilang, melainkan terperangkap.

Oleh karena itu, lama kelamaan silica gel akan mengalami kejenuhan / saturated, yaitu kondisi dimana butiran silica gel tidak lagi bisa menyerap kelembaban.

Indikasi silica gel itu sudah jenuh adalah untuk silica gel yang berwarna biru, ia akan berubah warnanya menjadi pink / merah muda.

Maka menggunakan silica gel untuk tas harus mempertimbangkan berapa banyak silica gel yang dimasukkan ke dalam tas untuk penyimpanan berapa lama sebelum silica gel itu jenuh dan harus diregenerasi / diganti.

Silica gel dijual dalam paket / sachet kertas banyak sekali ukuran. Ada 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, dan lain-lain. Anda bisa chat konsultasi ke Ady Water untuk menanyakan ukuran-ukuran sachet silica gel yang dijual ADY WATER sebelum Anda beli produknya.

Misalnya untuk tas gendong, tas ransel, tas sekolah yang memiliki ukuran serta material yang berbeda-beda, maka ukuran silica gel sachetan yang dibutuhkan juga berbeda-beda.

Bagaimana Jika Silica Gel Kadaluarsa / Jenuh? Bagaimana Cara Meregenerasi Silica Gel tersebut?

Karena molekul gas yang diserap ke dalam silica gel adalah molekul air (H2O), maka untuk meregenerasinya adalah dengan cara memanaskannya hingga ia menguap.

Untuk cara yang sederhana bisa dengan cara mengsangrai silica gel di atas wajan, lalu membolak-balikkannya hingga warna silica gel yang sudah merah muda menjadi biru kembali, maka ia sudah siap untuk menyerap kelembaban.

Ada juga teknik dengan cara memanaskan silica gel di dalam oven selama beberapa waktu dengan temperatur di atas temperatur menguap air.

Lebih lanjut Anda bisa konsultasi pada ADY WATER karena kami melayani customer kami termasuk pelayanan purna jual (aftersales service) untuk perawatan, ganti media, ataupun repeat order.

Chat ADY WATER di 0821 2742 4060 (GHANI) atau klik tombol whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda.


DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.