Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat Beli Karbon Aktif Terpercaya di Bandung, Jakarta, Surabaya

Jual Karbon Aktif Aquarium Eceran

Salah satu fungsi karbon aktuf untuk aquarium adalah filter air aquarium menyerap ammonia dan kotoran dari ikan di aquarium.

Daftar isi:


Video urutan media filter air Ady Water

Mengenal Karbon Aktif

Karbon aktif telah digunakan di akuarium rumah selama beberapa dekade, dan masih merupakan produk media filtrasi dengan penjualan terbesar. Ketika jenis filter dan media baru telah tersedia, perdebatan telah berkecamuk tentang nilai penggunaan karbon aktif dalam filter. Beberapa percaya itu harus digunakan sebagai media standar untuk penggunaan terus menerus di sebagian besar filter.

Yang lain merasa seharusnya hanya digunakan untuk kebutuhan khusus, dan masih ada yang percaya bahwa karbon aktif tidak boleh lagi digunakan sama sekali.

Penting untuk diingat bahwa karbon relatif cepat habis bila digunakan dalam filter akuarium. Oleh karena itu, jika dibuat pilihan untuk menggunakan karbon aktif secara berkelanjutan, sebaiknya diganti secara berkala. Jika tidak, manfaatnya kecil.

Apa itu Karbon Aktif?

Karbon aktif terbuat dari bahan berkarbon yang telah dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi untuk menciptakan banyak pori-pori kecil, yang sangat meningkatkan luas permukaannya. Pori-pori kecil dan luas permukaan yang besar ini memungkinkan media filter untuk menjebak material dalam jumlah besar, sehingga berguna untuk menghilangkan polutan dari udara dan air.

Metode yang berbeda untuk membuat karbon aktif menghasilkan berbagai bentuk bahan yang cocok untuk penggunaan yang berbeda. Di akuarium, bentuk yang paling banyak digunakan adalah GAC atau karbon aktif granular. Bentuk karbon aktif meliputi:

  • Karbon aktif granular
  • Karbon aktif bubuk
  • Karbon aktif pellet

Ada juga sumber yang berbeda untuk karbon itu sendiri, masing-masing menghasilkan kemungkinan ukuran pori yang berbeda. Bahan-bahan seperti batu bara, kelapa, gambut, bambu, dan kayu semuanya digunakan untuk membuat karbon aktif. Untuk akuarium, sumber terbaik adalah batubara bitumen.

Apa Fungsi Karbon Aktif untuk Aquarium?

Karbon aktif menyerap sejumlah kontaminan terlarut seperti kloramin dan klorin, tanin (yang mewarnai air), dan fenol (yang menyebabkan bau). Ini akan membantu menjaga air akuarium agar tidak menguning seiring waktu.

Penting untuk dipahami bahwa ada beberapa racun penting yang tidak dihilangkan oleh karbon aktif. Terutama, tidak menghilangkan amonia, nitrit, atau nitrat. Oleh karena itu, ini tidak membantu dalam pembuangan racun selama penyiapan akuarium awal. Perubahan air atau metode lain harus digunakan untuk mengatasi peningkatan kadar amonia, nitrit, atau nitrat.

Logam berat, seperti timah atau tembaga, juga tidak dihilangkan. Jika sumber air Anda mengandung logam berat, gunakan produk pengolahan air sebelum memasukkan air ke dalam akuarium.

Cara Meletakkan Karbon Aktif pada Filter Air Aquarium

Karbon aktif akan kehilangan efektivitasnya lebih cepat jika terkena banyak kotoran dari akuarium. Oleh karena itu, karbon harus ditempatkan setelah media filtrasi mekanis di filter. Ingatlah bahwa jika Anda tidak menjaga kebersihan tangki, dan kotoran menumpuk di filter, karbon aktif tidak akan efektif.

Karena karbon aktif mengikat dengan senyawa yang dihilangkannya, akhirnya menjadi jenuh dan tidak dapat lagi menghilangkan kontaminan tambahan. Karena itu, harus diganti secara teratur—sebulan sekali biasanya sudah cukup. Interval yang lebih lama antara penggantian tidak akan membahayakan tangki, tetapi karbon secara bertahap akan kehilangan kemampuannya untuk menghilangkan racun dari air.

Jika Anda melihat air menguning atau mencium bau di tangki Anda, sudah waktunya untuk mengganti karbon aktif.

Kapan Harus Ganti Karbon Aktif untuk Aquarium

Prinsipnya adalah karbon aktif memiliki kapasitas penyerapan sampai pada batas tertentu sebelum ia berhenti mengadsorp kotoran. Jadi tidak bisa terus menerus digunakan tanpa diganti.

Secara umum, menggunakan karbon aktif dalam filter Anda adalah hal yang baik, tetapi bukan suatu keharusan. Jika Anda menguji air Anda, melakukan penggantian air parsial secara teratur, dan mendeklorinasi air keran pengganti, Anda benar-benar tidak perlu menggunakan karbon. Itu hanya biaya tambahan karena karbon perlu diganti setiap bulan.

Karbon dalam sistem filter resirkulasi juga akan bertindak sebagai rumah bagi bakteri menguntungkan yang mengubah amonia menjadi nitrit dan kemudian nitrat. Ketika Anda mengganti karbon setiap bulan, Anda membuang bagian dari biofilter, dan karbon baru akan membutuhkan waktu untuk menumbuhkan bakteri menguntungkan di dalamnya.

Jika media karbon adalah persentase yang signifikan dari sistem penyaringan Anda, Anda akan kehilangan biofilter Anda dengan setiap penggantian. Lonjakan amonia mungkin terjadi setelah menambahkan karbon baru. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan spons, manik-manik, bioball, atau manik-manik keramik dalam jumlah yang cukup dalam filter sebagai media utama bakteri pembentuk biofilter.

Karbon aktif bubuk, ketika digunakan dalam sistem filter, dilaporkan tertiup ke dalam akuarium sebagai debu halus yang terperangkap di insang ikan. Ada kasus di mana ikan mati setelah menggunakan bubuk karbon yang tidak dimasukkan dengan benar ke dalam kantong media di filter.

Nekropsi pada ikan yang mati menemukan partikel karbon di insang dan jaringan siripnya. Menggunakan karbon aktif pelet atau granular yang lebih besar, dan membilas debu dengan air suling sebelum memasukkannya ke dalam ruang filter Anda akan mencegah masalah itu.

Gunakan air suling atau deionisasi untuk membilas karbon baru untuk mencegahnya menyerap klorin dari air keran bahkan sebelum dimasukkan ke dalam filter Anda!

Tempat Pasang Filter Air

Ady Water menyediakan karbon aktif untuk aquarium kemasan eceran dan kemasan karungan. Hubungi kami di kontak dan alamat berikut:

Kontak

Telepon & Whatsapp: 0821 2742 3050
Email: adywater@gmail.com

Alamat

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
rute google map klik: Ady Water Bandung

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
rute google map klik: Ady Water Jakarta Barat

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
rute google map klik: Ady Water Jakarta Timur

Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
rute google map klik: Ady Water Surabaya

Daftar produk Ady Water

  • Pasir silika / pasir kuarsa berbagai ukuran mesh (Batu silika, Pasir silika kasar, pasir silika halus, tepung silika halus / fine powder mesh 200 dan mesh 325)
  • Karbon aktif Jacobi, karbon aktif Calgon, karbon aktif Norit, karbon aktif Haycarb, karbon aktif KDK, karbon aktif Lokal
  • Activated alumina 3/16 inchi, 1/8 inchi, 1/4 inchi (all size)
  • Molecular sieve 4A, 5A, 13X, 13X APG, 13X HP (all size)
  • Pasir manganese Greensand Plus dan pasir manganese lokal
  • Pasir aktif Ferrolite Tohkemy Jepang dan pasir aktif lokal
  • Pasir antrasit import Tohkemy dan pasir antrasit lokal
  • Pasir zeolit (batu, gravel, tepung semua ukuran)
  • Resin kation anion merek Dowex / Dupont / Amberlite, Lewatit, Trilite, Suqing, Mitsubishi, Resinex, Thermax Tulsion, Purolite, Jacobi Resinex
  • Tabung filter air, valve filter air, tabung softener, valve softener berbagai ukuran mulai dari 6 inchi hingga 72 inchi
  • Silica gel sachetan blue, white, silica gel curah
  • Pasir garnet untuk sandblasting mesh 20-40 dan mesh 30-60
  • Glass beads untuk sandblastingh
  • Water strainer / nozzle merek KSH Jerman berbagai bentuk (strainer Jamur, Strainer Tulang, Strainer Bintang)

Terimakasih telah berkunjung di pasirsilika.com : Website pusat informasi pasir silika dan tempat jual pasir silika terpercaya

Silahkan download

Catalog Product Ady Water 2022 (pdf)

Company Profile Ady Water (pdf)

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.