Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jual Pasir Silika Penjernih Air Bersertifikat Uji Lab Sucofindo

Harga Pasir Silika per kg 0821 2742 3050

Sejarah Penggunaan Pasir Silika sebagai Filter Air

Pasir silika sudah lama digunakan untuk membersihkan dan memurnikan air. Penggunaan pasir silika sebagai media filter air yang tercatat paling awal dimulai pada tahun 1804 ketika John Gibb merancang dan memasang filter eksperimental.

Metode penyaringan ini disempurnakan selama dua dekade berikutnya, yang berpuncak pada pemasangan pasokan air publik pertama di dunia yang diolah oleh James Simpson untuk Chelsea Waterworks Company pada tahun 1829.

Kemudian, praktek pengolahan air menjadi arus utama setelah seorang dokter, John Snow, membuat hubungan antara kualitas air dan kejadian Kolera pada tahun 1845/55.

Undang-undang Air Metropolis diperkenalkan dan untuk pertama kalinya ada standar minimum untuk kualitas air, mensyaratkan agar air 'disaring secara efektif' mulai 31 Desember 1855. Saat ini, penyediaan air minum berkualitas tinggi sudah menjadi standar di banyak negara maju.

Bagaimana Cara Kerja Pasir Silika Untuk Filter Air

Jika demikian, lalu bagaimana tepatnya cara kerjanya? Pasir silika alami memiliki bentuk sub-sudut hingga bulat, yang membuatnya ideal untuk dijadikan media filtrasi.

Ini karena kandungan silika yang tinggi, pasir jenis ini lebih tahan lama dan tahan aus, sehingga memungkinkan untuk digradasi secara tepat dan menjadikannya media penyaringan yang efisien. Ini sudah terbukti dan teruji.

Pasir silika merupakan media yang tepat untuk memfilter air menjadi air bersih dengan kualitas baik.

Di pasaran, ada berbagai jenis yang tersedia.

Filter tekanan dioperasikan dengan tekanan umpan dua hingga lima bar yang biasanya digunakan dalam aplikasi tempat rekreasi. Air umpan masuk dan melewati lapisan pasir silika.

Di dalam proses ini, penyaringan secara alami sedang terjadi. Tentu setiap aplikasi nantinya bisa berbeda antara satu dan lainnya tergantung dari tujuan pengaplikasiannya.

Aplikasi Pasir Silika Sebagai Media Penyaringan Air

Seperti disebutkan di atas jika ukuran mesh yang paling umum digunakan untuk aplikasi penyaringan air termasuk mesh 8 × 16, 12 × 20, dan 16 × 30 dan lain sebagainya.

Proses penyaringan pasir dalam aplikasi pengolahan air sangatlah mudah. Pasir biasanya diletakkan di atas lapisan pendukung kerikil.

Saat air memasuki penyaringan, air melewati pasir silika, menghilangkan padatan dan kotoran lainnya dari air.

Karena sifatnya yang unik, pasir silika digunakan untuk penyaringan air dalam berbagai aplikasi termasuk pengolahan air minum dan limbah.

Ya, pasir silika akan diletakkan di atas lapisan pendukung kerikil di dalam wadah filter. Air masuk ke filter dan berjalan menyusuri butiran pasir silika, sehingga berhasil menghilangkan kotoran padat atau bahkan kotoran lain dari air.

Karena keunikannya dari segi sifat-sifatnya, pasir silika biasanya digunakan untuk penyaringan air dalam berbagai aplikasi yang mencakup kolam renang hingga tempat rekreasi, pengolahan kertas, pembangkit listrik, pengolahan kimia, dan serta pengolahan air limbah.

Jenis Filter dengan Pasir Silika

Ada beberapa jenis filter dengan pasir silika sebagai medianya. Berikut ini beberapa penjelasan yang paling umum;

Filter tekanan

Filter Tekanan biasanya dioperasikan dengan tekanan umpan 2 hingga 5 bar dan umumnya digunakan dalam aplikasi rekreasi. Air umpan memasuki filter dan melewati (di bawah tekanan) melalui lapisan pasir silika. Sebagian besar partikel padat tersaring lebih banyak. Sejumlah kecil pasir dapat hilang dalam proses pencucian balik dan mungkin perlu untuk diisi ulang secara berkala. Ini bisa terjadi karena pada saat proses penyaringan tekanan air bisa berubah-ubah.

Filter gravitasi cepat (rapid gravity filter)

Filter Gravitasi Cepat sering digunakan untuk pemurnian air. Yang paling umum digunakan pada pekerjaan pengolahan air minum. RGF (rapid gravity filter) membutuhkan area lahan yang lebih kecil dibandingkan dengan filter pasir lambat (slow filter) dan menggunakan pasir silika serta media granular lainnya untuk menghilangkan partikel dan kotoran. Bahkan biasanya dengan menambahkan flokulan.

RGF harus sering dibersihkan untuk mempertahankan laju aliran, seringkali beberapa kali sehari, dengan pencucian balik. Hal yang patut diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati untuk tidak mencuci media filtrasi selama proses ini.

RGF biasanya merupakan bagian dari sistem pengolahan air multi-tahap dan digunakan oleh otoritas atau perusahaan air yang besar. Sistem ini menawarkan laju aliran yang tinggi tetapi rumit dan mahal untuk dioperasikan dan dipelihara.

Filter pasir lambat

Filter Pasir Lambat (Slow filter) digunakan dalam pemurnian air untuk mengolah air mentah yang menghasilkan produk layak minum. Biasanya memiliki kedalaman 1 hingga 2 meter. Ukurannya ditentukan oleh laju aliran yang diinginkan dari filter. Karena laju filtrasinya yang rendah, filter pasir lambat memerlukan lahan yang luas, akibatnya, banyak kota kini telah beralih dari Filter Pasir Lambat ke Filter Gravitasi Cepat karena meningkatnya permintaan air minum dan terbatasnya ketersediaan lahan.

Filter pasir lambat berbeda dari semua filter lain yang digunakan untuk mengolah air minum karena bekerja dengan menggunakan film biologis kompleks (hypogeal atau Schmutzdecke) yang tumbuh secara alami di permukaan pasir. Pasir itu sendiri tidak melakukan fungsi filtrasi tetapi hanya bertindak sebagai substrat.

Karena memerlukan sedikit atau tanpa tenaga mekanik, bahan kimia atau suku cadang yang dapat diganti, dan pelatihan operator yang minimal, Filter Pasir Lambat sering kali merupakan teknologi yang sesuai untuk daerah miskin dan terpencil dan diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai yang termurah, paling sederhana dan juga merupakan metode pengolahan air yang paling efisien.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan jika pasir silika premium sangat ideal untuk berbagai aplikasi penyaringan air, termasuk paket kerikil di sumur, produksi massal filter air yang lebih kecil, atau dalam aplikasi penyaringan dan sirkulasi air skala besar. Beberapa contohnya meliputi:

Filter untuk sistem air limbah

Filter air minum

Filter air skala industri untuk membangun sistem pendingin, dan kotamadya

Proses kimia dan pembangkit listrik

Untuk operasi skala besar, seperti sistem pendingin air tingkat industri atau sistem pemurnian air, pasir silika adalah pilihan yang lebih baik daripada filter buatan dalam proses penyaringan air. Jadi, Anda tak perlu khawatir tentang kualitas air yang akan dihasilkan dari proses filtrasi dengan menggunakan pasir silika sebagai medianya.

Kami Menjual Pasir Silika Untuk Filter Air

Selama lebih dari 10 tahun berpengalaman, kami menawarkan pasokan pasir/silika premium secara konsisten dan ready stock. Tidak hanya pasir silika coklat, kami juga memiliki pilihan alternatif yang sangat baik baik pasir silika putih, silika halus maupun kasar. Selain itu kami juga memberikan layanan untuk memproses dan mengirimkan pesanan dengan kecepatan dan efisiensi tingkat tinggi.

Jadi, jika saat ini Anda sedang mencari pasir silika dengan skala besar untuk proyek atau membutuhkan pasir silika untuk penyaringan air dalam bentuk paket kerikil untuk sumur air baru, kami dapat menyediakan pasir yang Anda butuhkan. Kami memiliki beberapa pasir silika kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Ady Water dengan bangga menawarkan pasir silika bulat bermutu tinggi yang sangat tahan terhadap pemadatan. Hal ini menjadikannya sebagai pasir silika yang sempurna untuk penyaringan sumur air dan aplikasi paket kerikil. Pasir silika berkualitas tinggi kami memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menyediakan penyaringan air dan sifat pengisi (filler)berkualitas tinggi.

Pasir silika halus atau kasar kami yang unik dikenal dengan kualitas unggul dan catatan kinerja yang luar biasa di semua industri yang kami layani, mulai dari penyaringan air hingga pasokan pasir frac. Kami juga menawarkan berbagai ukuran mesh dan ukuran per sak 50kg sehingga pelanggan dapat menyesuaikan pesanan mereka agar sesuai dengan kebutuhan.

Tempat jual Pasir Silika Ady Water

Ady Water ready stock total ratusan ton pasir silika untuk kebutuhan industri Bapak Ibu.

Kontak

Telepon & Whatsapp: 0821 2742 3050
Email: adywater@gmail.com

Alamat

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194
rute google map klik: Ady Water Bandung

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480
rute google map klik: Ady Water Jakarta Barat

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830
rute google map klik: Ady Water Jakarta Timur

Kantor Cabang Surabaya:
Kupang Panjaan I No.18, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60264
rute google map klik: Ady Water Surabaya

Daftar produk Ady Water

  • Pasir silika / pasir kuarsa berbagai ukuran mesh (Batu silika, Pasir silika kasar, pasir silika halus, tepung silika halus / fine powder mesh 200 dan mesh 325)
  • Karbon aktif Jacobi, karbon aktif Calgon, karbon aktif Norit, karbon aktif Haycarb, karbon aktif KDK, karbon aktif Lokal
  • Activated alumina 3/16 inchi, 1/8 inchi, 1/4 inchi (all size)
  • Molecular sieve 4A, 5A, 13X, 13X APG, 13X HP (all size)
  • Pasir manganese Greensand Plus dan pasir manganese lokal
  • Pasir aktif Ferrolite Tohkemy Jepang dan pasir aktif lokal
  • Pasir antrasit import Tohkemy dan pasir antrasit lokal
  • Pasir zeolit (batu, gravel, tepung semua ukuran)
  • Resin kation anion merek Dowex / Dupont / Amberlite, Lewatit, Trilite, Suqing, Mitsubishi, Resinex, Thermax Tulsion, Purolite, Jacobi Resinex
  • Tabung filter air, valve filter air, tabung softener, valve softener berbagai ukuran mulai dari 6 inchi hingga 72 inchi
  • Alat uji kualitas air seperti pH meter, DO meter, BOD meter, TDS meter dan lain-lain.
  • Lampu UV Sterilisasi Air Viqua
  • Silica gel sachetan blue, white, silica gel curah
  • Pasir garnet untuk sandblasting mesh 20-40 dan mesh 30-60
  • Glass beads untuk sandblastingh
  • Water strainer / nozzle merek KSH Jerman berbagai bentuk (strainer Jamur, Strainer Tulang, Strainer Bintang)

Terimakasih telah berkunjung di pasirsilika.com : Website pusat informasi pasir silika dan tempat jual pasir silika terpercaya

Silahkan download

Catalog Product Ady Water 2022 (pdf)

Company Profile Ady Water (pdf)

Artikel terbaru kami:

Baca juga artikel terbaru kami di sini:

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.