Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silica Gel pada Kemasan Dimaksudkan untuk Menjaga Kekeringan Produk | Jual Silica Gel di Jakarta












Kegunaan Silica Gel pada Kemasan Produk

Tahukah Bapak Ibu bahwa silica gel pada kemasan dimaksudkan untuk menjaga kekeringan produk? Mengapa produk harus dijaga kekeringannya ya?

Sebelum membahas lebih lauh, mari kita mengenal terlebih dahulu tentang silica gel.

Silica gel adalah bentuk amorf dan berpori dari silikon dioksida (silika), yang terdiri dari kerangka tiga dimensi yang tidak teratur dari atom silikon dan oksigen bergantian dengan rongga dan pori-pori skala nanometer.

Silika gel memiliki afinitas yang kuat terhadap molekul air dan banyak digunakan sebagai pengering atau disebut juga silica gel desiccant.

Material ini keras dan tembus cahaya / transparan, tetapi jauh lebih lembut daripada kaca silika besar atau kuarsa; dan tetap keras ketika jenuh dengan air.

Meskipun bernama gel, tetapi konsistensi padatan silica gel tidak seperti gel yang Bapak Ibu bayangkan.

silica gel pada kemasan dimaksudkan untuk menjaga kekeringan, harga silica gel, jual silica gel, beli silica gel murah

Apa saja informasi yang akan Bapak Ibu dapatkan dalam artikel ini? Lihat di daftar isi berikut:






































Daftar Isi Artikel
Darimana Saja Masuknya Kelembaban dalam Sistem?
Apa yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memilih Pengering Produk / Desiccant Kemasan Produk?
Silica Gel Sachet untuk Pengering
Fungsi Silica Gel untuk Desiccant / Pengering
Mengapa Silica Gel Berguna dalam Kemasan?
Apa Saja Fungsi Silica Gel pada Kemasan untuk Menjaga Kekeringan Produk?
Panduan Jika Kontak dengan Silica Gel
Harga Silica Gel Sachet untuk Kemasan


Bab 1: Darimana Saja Masuknya Kelembaban dalam Sistem?

Salah satu faktor utama yang dapat merusak produk dan bahan adalah kelembaban dalam kemasan dan wadah tertutup. Dengan pengering yang efektif, Bapak Ibu dapat melindungi persediaan dan produk kemasan dari kerusakan akibat kelembaban.

Berikut adalah empat sumber utama pencemaran air dalam kemasan:

  • Kelembaban di udara di dalam paket
  • Kelembaban di dalam dan di dinding paket
  • Kelembaban dalam bahan atau produk
  • Masuknya kelembapan ke dalam kemasan karena kebocoran atau perembesan melalui dinding kemasan

Bab 2: Apa yang Perlu Dipertimbangkan untuk Memilih Pengering Produk / Desiccant Kemasan Produk?

Untuk memilih pengering yang tepat - atau bahkan memutuskan apakah Bapak Ibu membutuhkannya sejak awal - ada tiga faktor utama yang perlu dipertimbangkan - karakteristik produk, lingkungan, dan kemasan:

Seberapa sensitif produk terhadap kelembapan? Jika perlu tetap sangat kering, maka Anda perlu mengontrol tingkat kelembapan kemasannya untuk mencegah kerusakan.

Kenali kemasannya. Apakah Bapak Ibu menggunakan kotak kardus, kantong plastik atau wadah penyimpanan besar, Anda harus mengetahui karakteristik kemasan seperti dimensi, permeabilitas, ketahanan korosi, dan jenis segel.

Di mana paket akan disimpan atau diangkut? Dengan mengetahui rentang cuaca dan suhu yang akan terpapar pada paket, Anda dapat memprediksi fluktuasi di dalam paket.

Bab 3: Silica Gel Sachet untuk Pengering

Silica gel biasanya dijual dalam bentuk butiran kasar atau manik-manik, dengan diameter beberapa milimeter.

Beberapa silica gel mungkin mengandung sejumlah kecil zat indikator yang berubah warna ketika mereka telah menyerap air.

Sebagai contoh adalah silica gel blue, dimana produk silica gel akan berwarna biru saat tidak berisikan air dan akan berubah warna menjadi pink jika sudah berisikan air / jenuh.

Sachet kertas kecil berisi pelet silica gel biasanya diberikan label "jangan makan / do not eat". Hal ini karena terdapat beberapa kasus dimana silica gel keliru dianggap makanan yang diletakkan bersama kemasan produk makanan.

Silica Gel 'basah', seperti yang mungkin baru dibuat dari larutan alkali silikat, konsistensinya dapat bervariasi dari gel transparan yang lembut, mirip dengan gelatin atau agar, hingga padatan keras, yaitu gel yang terendam air.

Silica gel kadang-kadang digunakan dalam proses laboratorium, misalnya untuk menekan konveksi dalam cairan atau mencegah pengendapan partikel tersuspensi.

Bab 4: Fungsi Silica Gel untuk Desiccant / Pengering

Pada banyak produk, kelembaban mendorong pertumbuhan jamur dan pembusukan. Pengembunan juga dapat merusak barang-barang lain seperti elektronik dan dapat mempercepat penguraian bahan kimia, seperti yang ada dalam pil vitamin.

Dengan menggunakan paket silica gel pada kemasan, barang-barang ini dapat diawetkan lebih lama.

Silica gel juga dapat membantu mengeringkan peralatan elektronik yang basah / kecemplung air selama upaya untuk memulihkan item yang telah terkena kelembaban secara tidak sengaja.

distributor silica gel murah, harga silica gel 500 gram, silica gel sachet, silica gel pada kemasan

Silica gel juga dapat digunakan untuk menjaga kelembaban relatif di dalam pandu gelombang radio frekuensi tinggi atau sistem transmisi satelit serendah mungkin (lihat juga buffering kelembaban).

Penumpukan kelembaban yang berlebihan di dalam pandu gelombang dapat menyebabkan lengkungan di dalam pandu gelombang itu sendiri, merusak penguat daya yang memberinya makan.

Juga, butiran air yang terbentuk dan mengembun di dalam pandu gelombang mengubah impedansi dan frekuensi karakteristik, menurunkan sinyal.

Hal ini umum untuk sistem udara terkompresi kecil (mirip dengan pompa akuarium rumah kecil) yang akan digunakan untuk mengedarkan udara di dalam pandu gelombang di atas toples silica gel.

Silica gel juga digunakan untuk mengeringkan udara dalam sistem udara tekan industri. Udara dari pelepasan kompresor mengalir melalui lapisan butiran silika gel.

Silica Gel menyerap kelembaban dari udara, mencegah kerusakan pada titik penggunaan udara terkompresi karena kondensasi atau kelembaban.

Sistem yang sama digunakan untuk mengeringkan udara terkompresi pada lokomotif kereta api, di mana kondensasi dan es di pipa udara rem dapat menyebabkan kegagalan rem.

Silica gel kadang-kadang digunakan sebagai alat pengawet untuk mengontrol kelembaban relatif dalam pameran dan penyimpanan museum dan perpustakaan.

Aplikasi lain termasuk strip tes diagnostik, perangkat inhalasi, jarum suntik, kit tes obat, dan kit sanitasi rumah sakit.

Bab 5: Mengapa Silica Gel Berguna dalam Kemasan?

distributor silica gel murah, harga silica gel 500 gram, silica gel sachet, silica gel pada kemasan

Sifat-sifat yang diuraikan di atas membuat silika sangat menyerap—tetapi ada beberapa alasan lagi mengapa silika sangat berguna dalam industri pengemasan.

1. Ringan

Dalam transportasi, berat suatu benda sangat menentukan biaya pengiriman. Berat paket silika dapat diabaikan, menjadikannya solusi mitigasi kelembaban yang efektif untuk transportasi jarak jauh. Paket silika kecil dengan tanda 'Jangan Makan' membuktikan fakta ini.

2. Secara Kimia Inert (Tidak mudah bereaksi)

Silica gel secara kimiawi inert dan tidak bereaksi dengan zat yang bersentuhan dengannya. Sukuca gel tetap stabil secara termal dan fisik, bahkan di bawah lingkungan yang kurang optimal.

Properti ini sangat berguna, karena bahan reaktif dapat merusak produk dan tidak aman untuk transportasi.

Silika tidak beracun, tidak korosif, dan tidak mudah terbakar, menjadikannya jawaban sempurna untuk masalah pengemasan terkait kelembapan.

Bab 6: Apa Saja Fungsi Silica Gel pada Kemasan untuk Menjaga Kekeringan Produk?

Penyerapan air

Kemampuan silica gel untuk menyerap air merupakan salah satu alasan utama mengapa silika gel digunakan dalam kemasan produk.

Faktanya, silica gel dapat digunakan untuk menghilangkan uap air dari gas seperti oksigen dan nitrogen. Selain itu, dapat menyerap hingga 90% air.

Sifat silica gel ini bekerja dengan baik di industri farmasi di mana produk obat tidak dapat terkena kelembaban yang dapat mempengaruhi efektivitasnya.

Dessicant

Silica gel juga dapat digunakan sebagai pengering yang menyerap semua air yang ada di udara dan melepaskannya selama proses berlangsung. Industri pengemasan produk menggunakan silikon dioksida untuk membuat gel silika.

Ketika digunakan dalam bentuk cairnya, silikon dioksida diaktifkan dengan memanaskannya dengan oksigen, membentuk asam silikat.

Asam silikat berbeda dari senyawa molekul atau oksida lainnya karena biasanya dibentuk dengan mengoksidasi logam dan unsur dalam bentuk garam atau transfer muatan listrik.

Anti-statis

Sifat lain yang sangat penting dari silika gel adalah memiliki sifat anti-statis. Ini juga dikenal sebagai "elektrifikasi udara."

Properti ini dapat digunakan di berbagai industri di mana proses industri menghasilkan listrik statis atau bahan yang menghasilkan listrik statis, seperti sirkuit elektronik, komponen otomotif, pabrik kertas, dan sebagainya.

Stabilitas Panas

Silica gel memiliki fitur stabilitas panas yang baik. Faktanya, pada 1,8 °C, ia mempertahankan komposisi kimia dan struktur molekul aslinya.

Properti ini mengarah pada penggunaannya dalam industri makanan dan otomotif.



Bab 7: Panduan Jika Kontak dengan Silica Gel

Silica gel desiccant sering ditemukan di kotak sepatu dan dengan kemasan alas kaki, tas dan dompet kulit, botol obat, elektronik, dan lebih banyak produk konsumen.

Tujuan dari silica gel adalah untuk menyerap kelembapan dan menjaga kelembapan agar tidak mempengaruhi produk selama pengangkutan dan penyimpanan.

Meskipun silica gel ini secara zat tidak mengandung kimia berbahaya, tapi Bapak Ibu harus mengikuti panduan jika kontak dengan silica gel.

PERINGATAN "SILICA GEL JANGAN DIMAKAN"

Silika gel tidak beracun; tapi silika gel sachet ada warning seperti "buang, jangan dimakan". Apa risiko utama yang membenarkan peringatan ini?

Proses menelan

Saat Anda menelan silika gel, dehidrasi akan menyebabkan iritasi tenggorokan dan hidung. Tergantung pada kuantitasnya, dapat menyebabkan sakit perut, muntah, sembelit dan mual.

Kontak mata atau kulit

Silica gel menyebabkan iritasi dan kemerahan saat terjadi kontak dengan mata atau kulit. Ini menjadi menyakitkan ketika silika gel menyerap cairan di sekitar mata.

Menghirup

Menghirup gel silika adalah risiko lain; bernapas dalam dapat menyebabkan iritasi paru-paru, batuk dan dyspnoea (sesak napas).

Tersedak

Kantong kecil dapat menyebabkan tersedak dan bungkusan dapat robek dan mengeluarkan isinya ke dalam mulut, tenggorokan, kerongkongan atau paru-paru.

Cobalt dichloride bersifat karsinogenik dan beracun untuk reproduksi

Risiko yang jauh lebih parah berasal dari gel silika “indikator” berwarna biru yang mengandung kobalt diklorida, atau bahan tambahan beracun lainnya seperti metil violet.

Cobalt dichloride berwarna biru tua saat kering dan merah muda saat basah, membuatnya berguna sebagai indikator silika gel jenuh (lembab).

Untuk silica gel makanan / obat-obatan bukan silica gel yang mengandung cobalt dichloride.

Bab 8: FAQ Silica Gel Sachet untuk Kemasan

Berikut adalah pertanyaan yang sering diajukan tentang Silika Gel sebagai pengering dalam kemasan.

Mengapa silika gel digunakan sebagai pengering dalam kemasan?

Silika gel digunakan sebagai pengering dalam kemasan karena kemampuannya menyerap kelembaban. Kelembaban yang tinggi dalam kemasan dapat menyebabkan kerusakan pada produk seperti makanan, obat-obatan, elektronik, dan banyak lagi. Dengan menggunakan silika gel, kelembaban dapat dikurangi dan produk tetap segar dan aman.

Bagaimana cara kerja silika gel?

Silika gel bekerja dengan cara menyerap kelembaban dari udara di sekitarnya. Bahan ini memiliki struktur pori yang besar yang mampu menyerap molekul air dan mempertahankannya di dalamnya. Silika gel tidak berubah secara fisik ketika menyerap kelembaban dan tetap kering saat digunakan.

Bagaimana cara menggunakan silika gel?

Silika gel biasanya ditempatkan di dalam kemasan produk. Pastikan silika gel tidak bersentuhan langsung dengan produk yang dikeringkan. Ini dapat dilakukan dengan memasukkan silika gel dalam kantong kertas atau kain yang tidak mudah bocor. Jumlah silika gel yang diperlukan tergantung pada volume produk dan tingkat kelembaban yang diharapkan.




silica gel makanan, silica gel sepatu, jual silica gel terdekat, harga silica gel, silica gel desiccants, toko silica gel terdekat, silica gel untuk sepatu, jual silica gel, silica gel kamera, silica gel biru, silica gel beli dimana, silica gel harga, silica gel untuk kue kering, silica gel packs, silica gel packets, harga silica gel 1 kg, silica gel bandung, jual silica gel kiloan surabaya, silica gel untuk baju, tempat jual silica gel di surabaya, pabrik silica gel, tempat membeli silica gel, toko silica gel, penjual silica gel, jual silica gel di bandung, jual silica gel untuk kamera, jual silica gel jakarta, jual silica gel untuk sepatu, beli silica gel di bandung, harga silica gel makanan, jual silica gel untuk tas dan sepatu, beli silica gel di surabaya, silica gel yang bagus untuk kamera, penjual silica gel di surabaya, distributor silica gel di jakarta, harga silica gel untuk kromatografi kolom, harga silica gel untuk desikator,


Apakah silika gel berbahaya?

Silika gel yang digunakan sebagai pengering dalam kemasan umumnya tidak berbahaya. Namun, penting untuk tidak mengonsumsinya secara langsung, karena silika gel bukanlah bahan makanan. Juga, jangan biarkan anak-anak kecil memasukkan silika gel ke dalam mulut mereka karena dapat menjadi bahaya tersedak.

Apakah silika gel dapat digunakan kembali?

Silika gel memiliki kemampuan untuk dihidupkan kembali setelah penggunaan awal. Untuk menghidupkan kembali silika gel, cukup panaskan di oven pada suhu rendah selama beberapa jam untuk menghilangkan kelembaban yang telah diserap. Namun, perlu diingat bahwa silika gel memiliki batas waktu penggunaan dan kemampuan penyerapannya akan berkurang seiring berjalannya waktu.

Apakah ada perhatian khusus dalam menyimpan silika gel?

Untuk menjaga keefektifan silika gel, disarankan untuk menyimpannya dalam kemasan kedap udara saat tidak digunakan. Juga, pastikan untuk menyimpan silika gel di tempat yang kering dan tidak terkena langsung sinar matahari.




silica gel makanan, silica gel sepatu, jual silica gel terdekat, harga silica gel, silica gel desiccants, toko silica gel terdekat, silica gel untuk sepatu, jual silica gel, silica gel kamera, silica gel biru, silica gel beli dimana, silica gel harga, silica gel untuk kue kering, silica gel packs, silica gel packets, harga silica gel 1 kg, silica gel bandung, jual silica gel kiloan surabaya, silica gel untuk baju, tempat jual silica gel di surabaya, pabrik silica gel, tempat membeli silica gel, toko silica gel, penjual silica gel, jual silica gel di bandung, jual silica gel untuk kamera, jual silica gel jakarta, jual silica gel untuk sepatu, beli silica gel di bandung, harga silica gel makanan, jual silica gel untuk tas dan sepatu, beli silica gel di surabaya, silica gel yang bagus untuk kamera, penjual silica gel di surabaya, distributor silica gel di jakarta, harga silica gel untuk kromatografi kolom, harga silica gel untuk desikator,


Apakah silika gel dapat digunakan untuk semua jenis produk?

Silika gel dapat digunakan untuk berbagai jenis produk, termasuk makanan, obat-obatan, produk elektronik, pakaian, dan banyak lagi. Namun, perlu diingat bahwa beberapa produk mungkin memiliki persyaratan khusus dalam hal pengeringan atau penanganan, jadi disarankan untuk membaca petunjuk penggunaan dan mengikuti petunjuk produsen yang tertera pada produk tersebut.

Bagaimana cara membuang silika gel yang telah digunakan?

Silika gel yang telah digunakan dapat dibuang dengan aman. Bahan ini tidak beracun dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Anda dapat membuangnya di tempat sampah biasa atau dengan cara daur ulang sesuai dengan peraturan daur ulang yang berlaku di daerah Anda.

Di mana saya bisa mendapatkan silika gel?

Silika gel tersedia di Ady Water.

Berapa lama silika gel dapat bertahan?

Silika gel memiliki masa pakai terbatas karena kemampuan penyerapannya akan berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, jika disimpan dengan benar dalam kemasan kedap udara dan di tempat yang kering, silika gel dapat bertahan selama beberapa bulan.

Apakah silika gel dapat digunakan untuk mengeringkan smartphone atau elektronik lainnya yang terkena air?

Meskipun silika gel dapat menyerap kelembaban, tidak disarankan untuk menggunakannya secara langsung pada perangkat elektronik yang terkena air. Sebaiknya, dalam situasi seperti itu, matikan perangkat dan bawa ke tempat perbaikan profesional untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.






Apakah silika gel dapat digunakan untuk mengeringkan benda-benda berharga seperti perhiasan atau dokumen penting?

Silika gel mungkin tidak menjadi pilihan terbaik untuk mengeringkan benda-benda berharga seperti perhiasan atau dokumen penting. Ada metode khusus yang lebih tepat untuk mengatasi situasi tersebut, seperti menggunakan kertas tisu atau menghubungi ahli dalam bidang tersebut untuk saran yang lebih baik.

Harap diingat bahwa informasi di atas hanya merupakan panduan umum tentang penggunaan silika gel sebagai pengering dalam kemasan. Selalu perhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada produk dan, jika diperlukan, konsultasikan dengan ahli atau produsen untuk saran yang lebih spesifik dan akurat.

Bab 9: Harga Silica Gel Sachet untuk Kemasan

Berapa harga silica gel sachet untuk kemasan yang dijual Ady Water?

Ady Water jual silica gel kiloan dengan minimum pembelian 1 kilogram.

Ukuran silica gel yang dijual oleh Ady Water adalah:

  • Silica Gel 1 gram
  • Silica Gel 2 gram
  • Silica Gel 5 gram
  • Silica Gel 10 gram
  • Silica Gel 25 gram
  • Silica Gel 50 gram
  • Silica Gel 100 gram
  • Silica Gel 250 gram
  • Silica Gel 500 gram
  • Silica Gel 1 kilogram

Untuk membeli silica gel, silakan hubungi Ady Water di:

0821 2742 4060 (GHANI)

Kantor Pusat Bandung:

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Distributor silica gel terbaik, kami sudah suplai silica gel untuk industri seperti industri manufaktur plastik, industri alat aquarium / aquascape, industri makanan, dan berbagai kebutuhan industri lainnya.



silica gel makanan, silica gel sepatu, jual silica gel terdekat, harga silica gel, silica gel desiccants, toko silica gel terdekat, silica gel untuk sepatu, jual silica gel, silica gel kamera, silica gel biru, silica gel beli dimana, silica gel harga, silica gel untuk kue kering, silica gel packs, silica gel packets, harga silica gel 1 kg, silica gel bandung, jual silica gel kiloan surabaya, silica gel untuk baju, tempat jual silica gel di surabaya, pabrik silica gel, tempat membeli silica gel, toko silica gel, penjual silica gel, jual silica gel di bandung, jual silica gel untuk kamera, jual silica gel jakarta, jual silica gel untuk sepatu, beli silica gel di bandung, harga silica gel makanan, jual silica gel untuk tas dan sepatu, beli silica gel di surabaya, silica gel yang bagus untuk kamera, penjual silica gel di surabaya, distributor silica gel di jakarta, harga silica gel untuk kromatografi kolom, harga silica gel untuk desikator,

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.