Cara Mengganti Karbon Aktif untuk Tabung Filter Air - Jasa Ganti Media Filter Air

Cara Mengganti Karbon Aktif pada Tabung Filter Air di Rumah dan Depot Air Minum Isi Ulang

Halo sobat Ady Water, di artikel ini kita akan belajar bagaimana cara mengganti karbon aktif pada filter air.

Jika Anda sudah menggunakan karbon aktif dalam tabung filter air di rumah, tentunya Anda sudah mengetahui apa fungsi karbon aktif dalam penjernihan air bukan?

cara mengganti media filter air

Karbon aktif memiliki daya serap (adsorpsi) tinggi karena pengaktivan karbon melalui proses fisika maupun proses kimia menyebabkan karbon memiliki pori-pori sangat banyak.

Pori-pori ini berbentuk rongga-rongga yang dapat memerangkap berbagai partikel di dalam air seperti:

- Sulfat

- Hidrokarbon

- Minyak

- Arsenik dan berbagai zat berbahaya

Karena banyaknya aplikasi filter air menggunakan karbon aktif, rumah tangga,depot air minum, serta industri sering menggunakannya sebagai media filter air.

Meskipun daya serap karbon aktif tinggi, tapi ia juga memiliki batasan. Berapa lama karbon aktif Anda bisa digunakan untuk filter air sebelum ia harus diganti? Tergantung dari variabel:

1. Bagaimana pemakaian filter air Anda? Berapa debit air yang dihasilkan sehari-hari?

2. Bagaimana spesifikasi karbon aktif Anda? Apakah karbon aktif lokal atau import? Berapa nomor iodinnya Berapa banyak pemakaian karbon aktif yang diisi ke dalam tabung?

Untuk kebutuhan rumah tangga, umumnya pemakaian media filter air antara 9 bulan hingga 1 tahun untuk karbon aktif lokal. Untuk media impor bisa mencapai 2 tahun karena daya serap lebih tinggi.

Untuk kebutuhan industri, tentunya harus melewati proses perhitungan. Silakan konsultasikan pada Ady Water untuk kebutuhan filter air industri.

Lalu, bagaimana cara mengganti karbon aktif pada tabung filter air di rumah / depot air minum isi ulang?

Anda bisa melihat jika karbon aktif atau media filter air Anda sudah kadaluarsa dan tidak bisa menyerap pengotor air saat air kembali menjadi keruh, bau, licin, atau masalah lain sebelum Anda memasang tabung filter air.

Jika masalah itu muncul kembali setelah pemakaian beberapa lama, artinya sudah saatnya diganti.

Agar lebih akurat bisa menggunakan alat lab digital, tapi untuk kebutuhan rumah tangga umumnya secara visual Anda sendiri bisa merasakan.

Anda bisa juga mengirimkan sampel pada Ady Water atau memesan jasa survey di rumah Anda baik di Bandung maupun Jabodetabek agar kami langsung memeriksa apakah media filter air Anda sudah harus diganti atau belum.

Langkah-langkah Mengganti Media Filter

Jika sudah ditentukan bahwa media karbon aktif Anda harus diganti, maka cara menggantinya adalah sebagai berikut:

1. Lepaskan tabung filter berisikan media karbon aktif dari sistem filter air

2. Keluarkan media filter air dengan menggunakan tongkat / pipa untuk bantu mengeluarkan seluruh media dari dalam tabung sambil terus menyemprotkan air ke dalam tabung menggunakan selang

3. Jika sudah dipastikan seluruh karbon aktif lama keluar dari tabung, maka Anda bisa memasukan kembali media sesuai takaran hasil perhitungan

4. Jika tabung filter air Anda terdiri dari beberapa lapisan media filter air, maka urutan media filternya harus benar agar air tersaring dengan baik

Cara ini bisa digunakan juga untuk media filter air lain seperti pasir silika, pasir zeolit, antrasit, ataupun pasir aktif.

Jasa Ganti Media Filter Air Bandung & Jabodetabek

Anda bisa membeli media filter air ke Ady Water, atau Anda bisa juga sekalian memesan jasa GANTI MEDIA FILTER AIR (khusus Bandung dan Jabodetabek).

Jasa ganti media filter air BANDUNG: 0822 1620 7911 (UVEN)

Jasa ganti media filter air JABODETABEK: 0812 1121 7411 (ANDRI)

Baik untuk kebutuhan depot air minum isi ulang, domestik / rumah tangga, ataupun industri, ADY WATER bisa melayani kebutuhan ganti media filter air ini.

Termasuk jika Anda yang sebelumnya menggunakan karbon aktif lokal, lalu ingin mengupgrade dengan karbon aktif impor yang memiliki kapasitas adsorpsi yang lebih tinggi, bisa memesan pada Ady Water.

Untuk karbon aktif lokal merek Ady Water, kami menggunakan bahan dasar tempurung kelapa.

Sementara karbon aktif import merek JACOBI, CALGON menggunakan bahan dasar batu bara, untuk merek HAYCARB menggunakan bahan dasar tempurung kelapa.


DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.