Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desalinasi Air Laut Menjadi Air Tawar dengan Reverse Osmosis Air Laut

Halo Bapak Ibu, jika Anda ingin mengetahui bagaimana mekanisme menjadikan air asin menjadi air tawar serta bagaimana sistem filter air nya, Anda harus membaca artikel ini.

ADY WATER solusi filter air rumah tangga dan industri, diantara layanan kami adalah pemasangan sistem filter air industri untuk menjadikan air asin seperti air laut sebagai sumber air industri Anda.

Bagaimana penjelasannya? Simak artikel ini sampai habis.

Prinsip Desalinasi

Garam terkandung dalam air secara alami seperti pada air laut. Air laut memiliki kandungan garam sekitar 35.000 ppm, atau 35 gram garam setiap 1 liter laut.

Tentu saja, konsentrasi garam atau salinitas ini tergantung faktor lain seperti temperatur. Tetapi, pada level tersebut tentu saja belum bisa digunakan untuk kebutuhan langsung.

Misalnya untuk air konsumsi / air minum, tentu tidak bisa menggunakan air laut langsung, sehingga misalnya penumpang kapal tidak bisa mengkonsumsi air minum langsung mengambil air laut.

Air kadar garam tinggi ini tidak bisa juga digunakan sebagai air industrial atau air sanitasi, sehingga jika air laut ingin digunakan, harus melalui proses yang disebut desalinasi.

Desalinasi adalah proses untuk mengurangi kadar garam pada air. Melalui proses desalinasi, air laut dengan kadar garam tinggi bisa dikurangi hingga 99,5%.

Ada banyak pilihan proses untuk desalinasi, tapi satu proses yang paling banyak digunakan karena efisiensi dan efektifitas yang direkomendasikan ADY WATER adalah Sea Water Reverse Osmosis.

Sea Water Reverse Osmosis ini bisa menjadi solusi untuk penyediaan air minum, air industrial, bahkan air baku untuk kebutuhan rumah tangga di suatu kota.

Misalnya dalam studi berjudul Kelayakan Teknologi Desalinasi Sebagai Alternatif Penyediaan Air Minum Kota Surabaya (Studi Kasus: 50 Liter per detik) yang dilakukan oleh Nurul Latifa Hanna dan Wahyono Hadi dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Pengembangan Teknologi RO dibandingkan teknologi lainnya ternyata paling efisien dan hemat energi untuk debit filter air sangat tinggi jika digunakan sebagai penyumbang air baku pada rumah tangga di kota Surabaya.

diagram filter air asin RO

Teknologi Sea Water Reverse Osmosis

Mengapa sea water reverse osmosis bisa digunakan sebagai saringan air asin menjadi tawar? Hal ini terletak pada membran RO atau membran reverse osmosis.

Membran RO adalah membran dengan pori-pori berskala nanometer, sehingga ia memfilter sebagian besar garam dan logam hingga 99,5% sehingga air yang dihasilkan menjadi air bersih atau air minum.

Membran RO ini memiliki kapasitas dalam satuan GPD atau gallon per day (gallon per hari), misalnya 500 gpd, 1.000 gpd, 10.000 gpd dan lain-lain.

Untuk kebutuhan penyediaan air baku skala kota / residensial, tentu dibutuhkan sistem filter sangat besar bisa mencapai 50 liter per detik atau sekitar 1.000.000 gpd tentu ini adalah proyek besar.

Untuk kebutuhan industri yang menggunakan air asin, bisa mencapai 10.000 gpd, Ady Water juga pernah menangani proyek Reverse Osmosis industri.

saringan air asin menjadi air tawar

Jadi jika Anda ingin instalasi penyaring air asin menjadi air tawar, Anda bisa memesan jasa dan produk dari ADY WATER di 0812 2165 4304

atau klik icon whatsapp di kiri bawah layar smartphone Anda.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.