Apakah Arang Bisa Menjernihkan Air? | Ady Water Jual Arang Aktif Penjernih Air

Jual Arang Aktif Penjernih Air - 0821 2742 4060

Apakah arang bisa menjernihkan air? BISA. Hal ini karena arang memiliki karakteristik menyerap berbagai zat oleh pori-pori di seluruh permukaan.

Tapi, Bapak Ibu, tidak semua arang dijadikan media penjernih air.

Hanya arang aktif (atau karbon aktif) yang bisa Anda manfaatkan sebagai media penjernih air yang memenuhi standar air bersih atau air minum, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.

Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara kerja arang aktif menjernihkan air.
Ady Water toko yang jual arang aktif penjernih air di Bandung dan Jabodetabek
Klik tombol WA untuk beli arang aktif untuk penjernih air

Apa Perbedaan Arang Biasa dan Arang Aktif?

Mungkin Anda pernah membeli arang untuk membakar sate? Harga arang seperti ini umumnya sangat murah, mungkin Anda mendapatkannya Rp.3.000 / plastik besar.

Arang adalah residu hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dan komponen mudah menguap dari hewan atau tumbuhan.

Semua benda alam berbasis karbon jika Anda bakar akan menghasilkan arang. kayu, dedaunan, dan lain-lain jika Anda bakar menghasilkan arang.

Semakin murni arang (kadar persentase karbon), merupakan salah satu faktor kualitas penyerapan air.

Contohnya antrasit, yang merupakan salah satu bentuk arang dengan tingkat kemurnian karbon sangat tinggi.

Lalu apa itu arang aktif? Arang aktif, adalah suatu jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang sangat besar. Hal ini bisa dicapai dengan mengaktifkan karbon atau arang tersebut.

Hanya dengan satu gram dari karbon aktif, akan didapatkan suatu material yang memiliki luas permukaan kira-kira sebesar 500 m2 (didapat dari pengukuran adsorpsi gas nitrogen).

Biasanya pengaktifan hanya bertujuan untuk memperbesar luas permukaannya saja, tetapi beberapa usaha juga berkaitan dengan meningkatkan kemampuan adsorpsi karbon aktif itu sendiri.

Untuk mengaktifkan arang menjadi arang aktif sehingga memiliki pori-pori yang sangat banyak, digunakan 2 metode yaitu:
1. metode fisika (pembakaran suhu tinggi lalu dialirkan uap)
2. metode kimia (dilarutkan dalam basa kuat seperti NaOH).
Anda mau beli arang aktif / karbon aktif? Hubungi Ady Water ya.

Klik gambar whatsapp untuk beli arang aktif via whatsapp

Cara Arang Menjernihkan Air

Untuk mengetahui cara arang aktif menjernihkan air, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana struktur atau bentuk dari karbon aktif.

Berikut ini adalah ilustrasi arang aktif dalam ukuran mikroskopik:
Bapak Ibu bisa melihat dalam ilustrasi di atas, arang aktif memiliki pori-pori mikro yang menyerap molekul organik terlarut di dalam air.

Molekul organik inilah yang menjadi diantara penyebab air berbau, berwarna, ataupun keruh. Molekul organik atau senyawa organik adalah senyawa apapun yang mengandung karbon.

Dalam air akuarium misalnya, ekses atau kotoran dari ikan adalah molekul organik. Limbah pabrik yang dibuang sembarangan bisa terserap menjadi pengotor bagi air sumur pada rumah disekitarnya.

Pestisida juga merupakan molekul organik yang umumnya ada di dalam air di sekitar perkebunan atau sawah yang menggunakan pestisida.

Dengan menggunakan arang aktif, berbagai pengotor air tersebut akan diserap dengan baik menghasilkan air yang jernih dan aman.

Tentu saja, untuk menghasilkan air jernih dari air keruh, harus diidentifikasi terlebih dahulu semua keluhan dan pangkal penyebab kekeruhan air Anda.

Sebagai contoh, lumpur atau clay juga merupakan penyebab air Anda keruh, dan untuk menjernihkan nya menggunakan media lain yaitu pasir silika.

Air berwarna merah atau kekuningan disebabkan adanya kandungan besi, dan untuk menjernihkannya menggunakan media pasir aktif.

Sehingga paket untuk menjernihkan air di rumah atau industri Anda bisa terdiri dari berbagai media selain karbon aktif.

Jika Anda sudah mengidentifikasi seluruh keluhan air Anda, Anda bisa langsung memesan media-media yang Anda butuhkan.

Tapi jika Anda tidak mengetahui, silakan konsultasikan pada ahlinya yaitu ADY WATER.

DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.