Apabila Anda tinggal di daerah dengan kondisi lingkungan air yang tidak baik, mungkin Anda berkreasi dengan menggunakan media filter air demi mendapatkan air yang layak dikonsumsi dan digunakan untuk keperluan sehari-hari.


Kalau masalah pada air Anda hanya satu permasalahan, tentu masih mudah untuk pengaplikasiannya. Misalnya air di rumah Anda hanya ada masalah kandungan besi dan mangan. Anda bisa menggunakan manganese greensand untuk filtrasinya.


Manganese greensand adalah media filter dengan kemasan 20 kg/sak yang didesain khusus untuk filter air dari kontaminan ion logam berat seperti besi dan mangan, yang studi lebih lanjut menemukan efek buruk dari kandungan besi dan mangan berlebih pada air, mulai dari menodai dan diskolorisasi peralatan yang terkena kontak air hingga efeknya bagi tubuh manusia yang menyebabkan berbagai penyakit.

Kalau permasalahannya kandungan organik, Anda bisa menggunakan karbon aktif untuk memfilternya, yang bahkan secara drastis mengurangi padatan terlarut dan padatan tersuspensinya.

Karbon aktif adalah media filter yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, dengan brand Norit nya. Karbon aktif diaplikasikan dalam berbagai industri dan bidang karena multi-gunanya.

Karakteristik paling menonjol pada karbon aktif adalah luas permukaannya yang sangat besar, dalam 1 gram karbon aktif saja, luas permukaannya bisa mencapai 3.000 m2 karena terdapat mikropori yang kompleks membentuk struktur kanal-kanal yang menjebak dan mengadsorb kontaminan organik.

Kalau masalah airnya adalah kapur? Dengan mudah, Anda bisa menggunakan media pasir zeolit atau resin softener dan demineralisasi, yang dengan karakteristik cation exchangenya, bisa mengeliminasi kandungan kapur.

TETAPI, itu dengan anggapan Anda mengerti luar dalam dunia filter air dan memang sudah berkecimpung di dalamnya. Kalau Anda baru pemula sementara masalah air Anda akut, maka yang akan terjadi adalah:
  • Anda akan menghabiskan banyak waktu, biaya, dan tenaga untuk meraba-raba media filtrasi mana yang cocok, dari satu penyedia ke penyedia lainnya. Apalagi sebagian penyedia media filter air di luar sana hanya mementingkan menjual produk kepada Anda tanpa memberikan edukasi
  • Hasil filtrasi tidak terjamin, karena bisa jadi, Anda berhasil memfilter kontaminan-kontaminan yang terlihat, tapi bagaimana dengan yang tidak terlihat? Kontaminan seperti ion logam, bakteri, kuman, dan sebagainya tidak terlihat, dan memang tidak bisa dieliminasi menggunakan metode filtrasi seperti yang di atas. Pun, melakukannya sendiri berarti tidak ada pengujian laboratorium yang dapat memverifikasi, apakah media filter kreasi Anda sudah menghasilkan air yang aman diminum atau belum.

Lalu Solusinya Apa?

Kami bisa memberikan Anda solusi media filter yang lengkap, yang akan menyelesaikan semua kontaminan pada air, sehingga bahkan Anda bisa meminum air segar dari wastafel di rumah Anda, yaitu membran reverse osmosis atau membran RO. Apa itu membran RO?



Sebagian besar masyarakat Indonesia hari ini sudah mengenal atau mendengar membran RO. Ya, air reverse osmosis hari ini sudah mulai menjamur dan menjadi alternatif air minum sehat di pengisian depot air minum rumahan. Bahkan masyarakat juga sudah melirik dan menggunakan mesin reverse osmosis berukuran compact dan bisa diinstal di wastafel rumahnya seperti contoh di samping kiri ini. Mungkin Anda pernah terlintas, sebenarnya seperti apa perkembangan teknologi proses reverse osmosis dari awalnya hingga seperti saat ini?



Proses osmosis melalui membran/membrane semipermeabel pertama kali diamati pada tahun 1748 oleh Jean Antoine Nollet. Proses ini hanya menjadi fenomena alam yang diamati di laboratorium selama 2 abad, sebelum pada tahun 1949, ilmuwan University of California di Los Angeles (UCLA) menyelidiki pertama kali teknologi proses desalinasi air laut dengan menggunakan membran semipermeabel yang merupakan pelopor aplikasi komersial Membran RO.


Para peneliti dari UCLA dan University of Florida berhasil memproduksi air tawar dari air laut pada pertengahan 1950-an. Kini teknologi reverse osmosis (RO) berkembang sangat pesat. Teknologi ini banyak digunakan untuk proses purifikasi/pemurnian air untuk kebutuhan rumah tangga, komersil, industri, kegiatan lepas pantai, rumah sakit, laboratorium, dan lain-lain. Video di bawah ini menjelaskan bagaimana mekanisme kerja mesin reverse osmosis modern


Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum mengharuskan, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Air yang diproduksi oleh membran RO mampu mencapai bahkan melebihi standar air minum tersebut. Inilah hasil penelitian selama kurang lebih 300 tahun menjadikan mesin-mesin RO yang Anda temui di bisnis filter air.

Membran RO di Rumah Anda Sendiri!

Alat untuk mengaplikasikan membran RO dinamakan mesin RO. Sebagian besar mesin RO rumahan, termasuk yang dijual Ady Water, memiliki beberapa tahapan bahkan ada yang hingga 9 tahapan filtrasi. Tahapan-tahapan ini adalah yang kita bicarakan pada awal artikel ini tadi, yang tujuannya adalah melakukan pre-filter sebelum di filter menggunakan membran nya agar tidak terjadi fouling atau penumpukan yang menyebabkan kemacetan (standar membran macet adalah jika debit keluaran air berkurang lebih dari sama dengan 15% dari kapasitas seharusnya).

Dengan satu alat, Anda tidak perlu lagi repot mengkombinasikan pasir silika, karbon aktif, zeolit, resin, manganese greensand oleh sendiri, karena sudah ter-cover dalam rangkaian tahapan proses reverse osmosis. Anda cukup memasangnya, misalnya, pada keran wastafelnya, lalu biarkanlah mesin ini bekerja sendiri. Pengujian lab pun dilakukan dengan standar yang sangat ketat dalam menghasilkan air berkualitas tinggi.

Perawatan mesin reverse osmosis ini juga tidak sulit. Membran RO pun bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Anda bisa mengganti sendiri membran RO apabila sudah saatnya diganti, atau mengupgrade membran RO dengan kapasitas yang lebih tinggi dan memberikan tambahan dorongan pompa. Harga membran ro nya berapa? Tergantung tipe dan produk membran RO yang ingin Anda beli. Membran RO ini murah dengan harga dari semurah 500K, namun bayangkan berapa biaya yang Anda hemat akibat kebermanfaatan mesin ini?

Jika Anda ingin tanya-tanya dulu, silakan hubungi:
022 723 8019
022 6372 4915
0856 2476 9005
0821 4000 2080 (Fajri)
0821 2742 4060 (Ghani)
0812 2015 1631 (Randi)
0821 2742 3050 (Rusmana)
0812 2165 4304 (Yanuar)
0857 2352 9677 (WA)
0818 0906 4845 (WA)
0813 2259 9149 (WA)
7C232720 (BBM)

e-mail: adywater@gmail.com

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami agar produk yang Anda terima sesuai kebutuhan Anda.
 
Top