0

Apa Itu Manganese Greensand?

Sekitar tahun-tahun Perang Dunia ke-II, para peneliti di bidang industri water treatment bekerja dengan teori kimia redoks (oksidasi reduksi) untuk mencari dan mengembangkan teknologi dasar pembuatan manganese greensand dari mineral glauconit, dan terhasilkan lah Manganese greensand yang digunakan oleh berbagai industri media filter air di seluruh dunia.

Manganese greensand adalah medium yang diproses khusus untuk penghilangan ion besi, manganese, dan hidrogen sulfida (H2S). Media filter premium ini diproses dari glauconitic greensand dimana lapisan manganese oksida yang berkilap dan tebal diterapkan dalam setiap butir medium dengan proses yang dikontrol.

Mekanisme Manganese Greensand

Proses filtrasi manganese greensand memanfaatkan sifat greensand untuk membentuk material berbasis manganese dengan mengkonversinya menjadi manganese oksida dengan melalui oksidasi oleh kalium permanganate. Material ini memiliki kapasitas redoks yang tinggi karena bagusnya pelapisan manganese oksida. Manganese greensand dapat mengoksidasi lebih dari 300 bulir manganese per kaki kubik atau mengurangi lebih dari 1 ons kalium permanganate per kaki kubik. Secara alami, Manganese greensand bersifat katalitik dan tidak dapat larut.

Manfaat Penggunaan Filter Manganese Greensand

Setiap media filter memiliki keunggulannya masing-masing, termasuk manganese greensand. Berikut akan diuraikan beberapa benefit / keuntungan menggunakan manganese greensand sebagai media filter air Anda.
  1. Melindungi peralatan. Ya karena manganese greensand tidak akan bersifat merusak peralatan filter Anda
  2. Reduksi besi dalam rentang pH yang lebar. Media filter air ini dapat menghilangkan ion besi meski air yang ditreatment nya ber pH rendah (bersifat basa) ataupun ber pH tinggi(bersifat asam) yang berbeda-beda tergantung kondisi daerah Anda tinggal
  3. Reduksi H2S secara efektif. Sebagai tambahan efeknya yang menghilangkan besi dan manganese, manganese greensand ini juga dapat secara efektif menghilangkan H2S.
  4. Reduksi mangan berlebih yang dapat menimbulkan keracunan
  5. Reduksi kandungan zat besi
  6. Tidak memberikan efek buruk pada pengumpan klorin
  7. Tidak menambah TDS pada air yang ditreatment
  8. Tidak perlu melakukan backwash setiap kali penggunaan pompa filter
  9. Menghilangkan sebagian besar kandungan logam berat (heavy metal) pada air yang bersumber dari limbah atau proses industri

Penjelasan Efek Kontaminan yang Bisa Dihilangkan oleh Manganese Greensand

Sebagaimana diuraikan di atas, bahwa manganese greensand dapat menghilangkan ion besi, mangan, dan hidrogen sulfida. Lalu, apa sebenarnya efek dari ketiga komponen tersebut apabila berada dalam air yang kita gunakan / konsumsi?

Hidrogen Sulfida

Hidrogen Sulfida (H2S) adalah salah satu golongan asam lemah yang sulit larut dalam air. Hidrogen sulfida banyak berasal di tempat-tempat seperti sumber air panas, gunung merapi, gorong-gorong, tempat yang rendah oksigen, bahkan diproduksi (sampah) dalam tubuh kita dan dikeluarkan bersamaan gas. Aroma hidrogen sulfida sangat khas yaitu berbau "busuk" seperti aroma telur busuk.

Apabila di dalam air yang kita pakai / konsumsi terdapat H2S, maka berikut adalah efek yang akan menyerang kita tergantung seberapa banyak konsentrasinya.
Konsentrasi H2SGejala yang Ditimbulkan
0.00011-0.00033 ppmKandungan tipikal di atmosfer
0.01-1.5 ppmAroma bau. Pada 3-5 ppm tercium sangat busuk. Di atas 30 ppm aroma akan sangat menusuk hidung
2-5 ppmMenyebabkan mual, menetes air mata, pusing, dan tidak bisa tidur
20 ppmBisa menyebabkan pusing, sulit berpikir, kehilangan nafsu makan
50-100 ppmIritasi pernapasan setelah 1 jam dan dapat mengganggu pencernaan
100 ppmBatuk, iritasi mata, kerusakan pada indera pembau, sulit bernapas, iritasi tenggorokan, dan dapat menyebabkan kematian setelah 48 jam terpapar
100-150 ppmparalisis
200-300 ppmIritasi pernapasan dan dapat menyebabkan pulmonary edema
500-700 ppmkejang-kejang, pingsan setelah 5 menit, kerusakan penglihatan, dan dapat menyebabkan kematian setelah 30-60 menit
700-1.000 ppmDengan cepat tak sadarkan diri, pingsan total dalam sekejap, tak mampu bernapas, dan akan mati dalam beberapa menit
1.000-2.000 ppmHampir pasti mati seketika
Tentu saja sebagian besar kadar tersebut adalah pada kondisi ekstrim seperti berada di kawah atau gas yang disemburkan bersamaan meletus nya gunung berapi. Namun, kadar dalam jumlah sedikit bisa dijangkit khususnya bagi lingkungan yang berada di dekat pegunungan merapi dan sumber air panas, tentu saja akan lebih aman apabila menerapkan filter manganese greensand ini.

Mangan

Manusia membutuhkan mangan sebagai bagian dari kebutuhan mineral. Mangan diserap di usus kecil, dan meskipun proses absorpsinya sangat lama, tetapi total persentase absorpsinya besar, sekitar 40%. Masing-masing rentang usia membutuhkan kadar mangan yang berbeda-beda.
  • Bayi 0-5 bulan membutuhkan 0.5-0.7 mg mangan per hari
  • Bayi 5-12 bulan membutuhkan 0.7-1.0 mg mangan per hari
  • Anak-anak, 1-3 tahun membutuhkan 1.0-1.5 mg mangan per hari
  • Anak-anak4-6 tahun membutuhkan 1.5-2.0 mg mangan per hari
  • Anak-anak7-10 tahun membutuhkan 2.0-3.0 mg mangan per hari
  • Anak-anak 11+ tahun membutuhkan 2.5-5.0 mg mangan per hari
  • Dewasa membutuhkan baik laki-laki atau perempuan 2.5-5.0 mg mangan per hari
Tetapi, apabila kadar mangan berlebih, khususnya terkonsumsi lewat air minum, maka akan mengakibatkan keracunan dan beberapa gejala. Dalam tulisan E. Blaurock-Busch, PhD, "The Clinical Effects of Manganese (Mn)", disebutkan gejala-gejala mangan berlebih sebagai berikut:
  • Penyakit psikiatris / sindrom
  • Kebingungan mental
  • Kehilangan daya ingat
  • Kehilangan nafsu makan
  • Masalah saraf
  • Kekurangan zat besi (karena keracunan mangan mengganggu daya serap zat besi)
  • Gagal ginjal
  • Halusinasi

Manganese Greensand yang Dijual Ady Water

Kontaminan hidrogen sulfida, mangan, dan besi dalam air memberikan efek yang buruk dalam konsentrasi tinggi. Untuk itu, harus ditreatment menggunakan manganese greensand agar dapat menghilangkan kontaminan logam berat tadi. Penyedia media filter air dan gas Ady Water mendistribusikan manganese greensand ke seluruh daerah di Indonesia, dan klien kami tersebar di penjuru nusantara karena kami melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

Untuk info harga manganese greensand plus, bisa dicek di nomor Ady Water yang tertera di samping.


Pasir Aktif Ferrolite , Filter Air Zat Besi dan Mangan yang Ampuh

Berbicara tentang media filter air yang sangat cocok baik di kota Bekasi,Bandung, Jakarta, Tangerang, Surabaya, Medan, Pekan Baru, Cirebon, Jogja, Semarang, Balikpapan , Makassar yang terkenal "bandelnya" zat besinya ialah Pasir Aktif FERROLITE TOHKEMY JAPAN

Dalam industri water treatment Indonesia, Pasir Aktif  Ferrolite Tohkemy ex Japan , betul betul ampuh sebagai media filter air untuk menuntaskan masalah besi dan mangan dalam sand filter/filter pasir. 

Cara mudah order Pasir aktif/ Pasir manganese green sand/MGS/Pasir ferrolite tohkemy japan /Pasir Birm adalah kontak saja sales kami di :

081322 599 149

e-mail:
adywater@gmail.com

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480




Post a Comment

 
Top