Fungsi Karbonaktif itu apa sih?
karbonaktif adalah suatu material yang memiliki pori-pori sangat banyak, pori-pori ini berfungsi untuk menyerap apa saja yang dilaluinya.

Fungsi dan Kegunaan Karbonaktif | Jual Karbonaktif Kowa Jepang

Kok bisa banyak pori-pori sih?
Ini terjadi karena proses aktivasi. Ada dua cara yaitu pemanasan pada suhu tinggi dan pencampuran dengan bahan kimia.

Material Karbonaktif itu apa saja ya?
Banyak. Bahan bakunya ada yang berasal dari hewan, tumbuh-tumbuhan, dan mineral yang mengandung karbon antara lain: dari arang batok kelapa, arang kayu keras, arang batok sawit, arang batok kemiri, arang batang jagung, ada juga yang dari batu bara, tulang, ampas tebu, serbuk gergaji, dsb. pokoke bahan yang mengandung karbon gitu....

Kegunaan Karbonaktif itu apa sih?
Berguna sebagai filter untuk menjernihkan air. Contoh sederhananya, pada depot air isi ulang, karbonaktif diletakkan pada tabung filternya biar airnya jernih, gak ada bau, dan layak dikonsumsi atau diminum.

Berguna sebagai pemurnian gas. Contohnya, tabung gas yang kita pake di rumah-rumah buat masak, diolahnya pake karbon.

Berguna sebagai filter industri minuman. Contohnya, perusahaan minuman terkenal (c*ca c*la, ana gak promosiin ni produk) pengolahannya pake karbon juga tuh.

Berguna bagi farmasi. Biasanya di rumah sakit itu banyak limbah cairnya kaya bekas suntikan, sisa infusan, dll, itu gak boleh langsung dibuang, sangat berbahaya. Limbah cair tadi harus disaring dulu pake karbonaktif untuk menghilangkan zat-zat berbahayanya.

Berguna bagi pabrik kimia. Ini mirip-mirip ama farmasi, untuk menyaring air limbah menjadi air yang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan saat dibuang.

Berguna bagi pabrik gula pasir. Loh buat apa? Gula kan dibuat dari air tebu, nah air tebu itu kan kuning warnanya kalo langsung diolah dan warna gulanya pasti kuning. Agar gula pasir bisa putih bersih, digunakanlah karbonaktif sebagai pemucat atau penghilang warna kuning pada gula pasir tersebut.

Berguna bagi penambakan. Apa hubungannya dengan tambak? Karbonaktif bisa merubah air laut menjadi air tawar. Hebat kan?

Berguna bagi kapal laut. Sama juga yang ini untuk memurnikan air laut yang asin menjadi air tawar. Ya, paling tidak berguna bagi para kru kapal tuk MCK (Mandi, Cuci, Kakus) he he he ....

Berguna bagi tempat cuci pakaian alias laundry. Yaitu untuk menyaring air sabun menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk menyirami tanaman, dll. Ini namanya karbon yang ramah lingkungan, hi hi hi.

Berguna bagi penambangan. Wih buat apa lagi neh Brow? Kalo di penambangan, karbonaktif berguna untuk menyerap hasil tambang seperti emas, timah, tembaga, dsb. Neh ana jelasin dikit, untuk mendapatkan hasil tambang, karbonaktif dicampurkan pada air lumpur yang mengandung bahan tambang, sifat karbonaktif kan menyerap apa saja yang dilaluinya meski material yang kecil sekalipun. Nah bahan tambang yang berbentuk pertikel kecil tadi pada nyangkut di karbonaktif, setelah itu karbonaktif dibakar. So, bahan tambang yang mengumpul pada karbonaktif tadi akan kelihatan setelah karbonaktif habis menjadi abu.

Penyerap bau di ruangan, kendaraan, kulkas, dll, gunanya yah tuk nyerap bau yang ga sedap, kalo di Indonesia baru ada contohnya penyerap bau yang dijual di supermarket mereknya "bagus" yang kita kenal dengan kapur barusnya (bukan promo loh, pen.)


Ini buat di Indonesia, kalo di luar negeri lebih hebat lagi kali ya. Gak bakal abis kalo disebut satu persatu. Contohnya mereka buat penyaring udara menggunakan karbonaktif supaya udara yang berbahaya seperti asap pabrik, asap rokok, menjadi udara yang bersih.


Proses pembuatan Karbonaktif itu gimana sih?
Waduh banyak tahapannya. Nah ana terangin lagi tahapan-tahapannya. Tahap pertama, kita buat material karbonaktif terlebih dahulu. Materialnya apa aja? Dah ana sebutin di atas, yaitu arang batok kelapa, arang kayu keras, arang batok sawit, arang batok kemiri, arang batang jagung, atau batu bara, tinggal pilih, tapi yang paling populer di Indonesia arang batok kelapa.

Ana bahas yang bahan bakunya dari arang batok kelapa aja yah! Gimana bikin arang batok kelapa? Membuat arang batok kelapa gampang kok, ada dua cara, pertama dengan membuat lubang tanah dan yang kedua dengan menggunakan media drum. Tapi jangan lupa batok kelapa yang kita pilih sebelum dibuat arang harus sudah bersih dari sabut kelapa, karena berpengaruh pada arang yang dihasilkan. (arang tidak bercampur abu serabut, pen.) Eeh satu lagi batok kelapanya dipilih yang sudah tua dan daging batoknya tebal.

Pembuatan arang batok kelapa dengan menggunakan lubang tanah bisanya menghasilkan arang batok kelapa yang tidak bersih dikarenakan saat pengambilan arang yang sudah jadi, sering bercampur tanah atau pasir, ini tidak bagus untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan karbonaktif.

Pembuatan arang batok kelapa dengan menggunakan drum lebih banyak dipilih selain mudah (gak perlu buat lubang he he) arang yang dihasilkan pasti bersih. Bakar batok kelapa mentah sedikit demi sedikit di dalam drum, setelah drum penuh dengan bara batok kelapa tutup rapat-rapat drum tersebut, jangan sampai terjadi kebocoran sedikitpun. Diamkan beberapa jam sampai benar-benar dingin. Hati-hati pada saat penutupan drum, harus benar-benar rapat karena jika ada kebocoran maka bara batok kelapa akan menjadi abu bukan arang!

Setelah mendapatkan arang batok kelapa yang bersih dan kering kemudian bahan ini digiling dengan menggunakan mesin giling. Bahan yang telah digiling tadi kemudian dimasukkan ke dalam mesin ayak, Ini berguna untuk memisahkan abu yang terjadi saat penggilingan dan juga untuk membuat ukuran-ukuran tertentu. Setelah arang batok menjadi ukuran-ukuran kecil (granule), inilah yang kita pakai untuk membuat karbonaktif.

Kenapa pembuatan Karbonaktif itu pake ukuran?
Karena pemakaian karbonaktif menggunakan ukuran-ukuran tertentu sesuai pada industri yang membutuhkannya.

Sekarang menuju tahap pembuatan karbonaktif seperti yang sudah ana sebutin di atas. Pembuatan karbonaktif ada 2 proses, yaitu dengan pemanasan dengan suhu tinggi dan dengan pencampuran arang batok kelapa dengan bahan kimia. Proses dengan pemanasan suhu tinggi ini dinamakan Destilasi kering.

Gimana proses destilasi kering itu?
Ini merupakan suatu proses penguraian suatu bahan akibat adanya pemanasan pada temperatur tinggi serta dialirkan uap panas (steam) secara bersamaan. Pemanas yang biasa digunakan adalah blower yang menggunakan bahan bakar minyak atau gas dengan suhu 1000°C. Dengan proses ini maka arang akan memiliki poro-pori yang sangat luas, dalam satu gram karbonaktif, pada umumnya memiliki luas permukaan seluas 500-1500 m2, sehingga sangat efektif dalam menangkap partikel-partikel yang sangat halus berukuran 0.01-0.0000001 mm. Karbonaktif bersifat sangat aktif dan akan menyerap apa saja yang kontak dengan karbon tersebut. Proses ini sangat banyak dipakai para produsen karbonaktif karena lebih efektif dan yang pasti tidak adanya pencemaran lingkungan dibandingkan dengan proses kimia.

Sekarang kita bahas proses pembuatan dengan bahan kimia. Arang batok kelapa diaktifkan dengan menyertakan bahan-bahan kimia. Aktivasi ini merupakan proses pemutusan rantai karbon dari senyawa organik dengan pemakaian bahan-bahan kimia. Aktivator yang digunakan adalah bahan-bahan kimia seperti: hidroksida, logam, alkali, garam, karbonat, klorida, sulfat, fosfat dari logam alkali tanah dan khususnya ZnCl2, asam anorganik seperti H2SO4 dan H3PO4. Pada proses kimia, kualitas karbonaktif yang dihasilkan tergantung dari bahan kimia yang kita pakai. Setelah pencampuran selesai, karbonaktif kemudian dicuci lalu dikeringkan kembali pada open pengering. Suhu yang dipakai pada saat pengeringan sekitar 30°C. Pada proses ini ribet makanya kurang populer dan untuk penggunaan air minum tidak bisa digunakan.

Nah, di mana sih tempat yang jual karbonaktif?
Gampang dan banyak koq, he he he he, di toko kimia biasanya ada tapi hati-hati biasanya karbon yang dijual kualitasnya kurang bagus, cari karbonaktif yang benar-benar berkualitas. 

Untuk info dan pemesanan hubungi: 

022-7239019
0821 4000 2080
0856 2476 9005
0857 2352 9677
0813 2259 9149

Pin BB: 
29d2de88 
32dbbfb0

e-Mail:

Kantor:


Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, Kode Pos 11480


Bekasi: 
Jalan Bintara Jayaraya No. 3 Bekasi Barat

Bandung:
Jalan Mande Raya No 26 Cikadut, Cicaheum Bandung

Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo


=================oOo=============


Sources:

 
Top