Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jual Pasir Aktif Birm Murah | Ady Water Jual Pasir Aktif untuk Filter Air Besi

Jual Pasir Aktif Birm | 0821 2742 3050 | Jual Manganese Greensand | Jual Pasir Aktif

Perbandingan Fungsi dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, dan Ferrolite dan Corosex sebagai Media Filter

Ady Water menjual berbagai media filter untuk kebutuhan Water Treatment. Diantara kebutuhan yang dipenuhi adalah dalam menghilangkan besi, manganese, dan magnesium, dan ini dibutuhkan di dunia industri, depot air minum isi ulang, dan kebutuhan lainnya.

Anda mencari media filter Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif dan Ferrolite untuk menghilangkan besi dan mangan? Hubungi Ady Water di:
Whatsapp
0821 2742 3050
Atau email ke: adywater@gmail.com
Jual media filter besi dan mangan
Jual media filter besi dan mangan

Jika Anda sudah lama bermain di bidang water treatment, Anda pasti mengenal media-media filter berikut, yaitu Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, dan Ferrolite. Media-media filter ini memiliki fungsi yang relatif sama, yaitu untuk menghilangkan besi, manganese, magnesium dan logam berat.

Kebutuhan menghilangkan kandungan ion tersebut penting misalnya dalam produksi air minum. Standar Cornell Cooperative Extension mensyaratkan kadar kandungan logam besi dan manganese sebagai berikut untuk air minum sebagai berikut:
Besi = 0,3 mg/l
Manganese = 0,05 mg/l

Sementara B.M. Altura dan B.T. Altura (2009) menyatakan bahwa kandungan magnesium untuk air minum sebagai berikut:
Magnesium = 25–50 ppm

Tentu saja, kadar besi, manganese, magnesium di dalam air akan berbeda untuk kebutuhan yang berbeda, seperti kebutuhan eksperimen saintifik, kebutuhan industri, ataupun kebutuhan lainnya. Bisa jadi levelnya jauh lebih rendah ataupun lebih tinggi.

Oleh karena itu, dibutuhkan media filter Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, dan Ferrolite ini.

Seperti apa perbandingan karakter dan apa saja kelebihan masing-masing media filter tersebut? Silakan simak artikel “Perbandingan Karakter dan Kelebihan Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif, dan Ferrolite sebagai Media Filter” di bawah ini.

Birm: Media Filter Besi dan Manganese

Ady Water Jual Birm
Ady Water Jual Birm
Birm adalah nama dagang dari Clack Corp. Filter besi ini menggunakan media filter granular bernama “Birm”. Ia dimanufaktur dari mineral alam yang dilapisi oleh manganese oksida.

Mekanisme kerja Birm adalah sebagai berikut. Saat air mengalir melewati tangka filter berisikan media Birm, reaksi terjadi dimana DO dan senyawa besi terlarut membentuk ferric hidroksida yang tak larut.

Sederhananya, saat air yang mengandung besi melewati media, jika terdapat oksigen terlarut yang cukup dalam air, Birm akan menyebabkan besi untuk membentuk padatan atau partikel karatan. Saat partikel karat ini terjebak di media filter, satu atau dua kali seminggu Birm di backwash keluar dari pipa pengeluaran dan media filter Birm bisa dipakai kembali.

Birm dan media filter penghilang besi dan mangan sangat berguna salah satunya di WWTP. WWTP atau wastewater treatment process adalah proses industri untuk menghilangkan limbah. Biasanya media WWTP adalah tawas, PAC, koagulan, flokulan, dan bakteri.

Namun, jika air limbah tersebut mengandung besi dan mangan, maka Anda bisa menggunakan Birm media filter ini. Banyak pabrik yang membuang limbah dengan kandungan besi dan mangan, seperti manufaktur otomotif, elektronik, dan pengolahan logam.

Birm tersedia dalam beberapa ukuran yang proposiona dengan laju debit air dalam satuan gpm (gallon per minutes). Semakin tinggi laju debit air, maka semakin besar ukuran yang dibutuhkan.

Air yang akan difilter oleh Birm harus memiliki nilai pH antar 7,0 – 9,0 dan nilai DO minimal 15% dari kandungan besi atau kandungan manganese pada air. Sebagai contoh jika kandungan besi = 10 ppm, maka kandungan DO setidaknya = 1.5 ppm atau lebih.

Jika pH air lebih besar dari 9,0 maka harus diturunkan dengan cara menambahkan asam. Sementara jika pH air lebih kecil dari 7,0 maka harus dinaikkan dengan cara menambahkan basa. Sementara, untuk menaikkan DO adalah dengan cara aerasi atau disuntik dengan air injector.

Air yang difilter juga tidak boleh memiliki hidrogen sulfida dan kandungan organik tidak lebih dari 4-5 ppm sebagaimana diindikasikan oleh nilai konsumsi oksigen. Air pun tidak boleh memiliki minyak.

Penggunaan media filter iron Birm ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan klorinasi. Jika pada air masih tersisa residu klorin, maka harus difilter menggunakan karbon aktif.

Baca juga:
PENTING: 21 Fungsi Karbon Aktif di Kehidupan Sehari-hari yang Harus Kamu Ketahui
Ady Water Jual Birm

Kelebihan Media Filter BIRM
1. Pada kondisi yang baik, tidak dibutuhkan bahan kimia untuk perawatan lebih lanjut dan tidak dibutuhkan regenerasi.
2. Efisiensi filtrasi sangat tinggi. Danka Barloková dan Ján Ilavský (2009) menemukan efisiensi Birm dalam menghilangkan manganese sebesar 56.55% (siklus 1), 75.39% (siklus 2), 72.78% (siklus 3). Umumnya Birm dapat menghilangkan besi hingga 10 ppm.
3. Biaya operasional yang sangat murah, hanya membutuhkan backwashing berkala.
4. Material yang berdaya tahan tinggi dengan usia pakai yang panjang antara 5 hingga 10 tahun (tergantung pemakaian) dan rentang temperatur luas.
5. Berat hanya 40-45 lbs./cu. ft.

Karakter Fisik Media Filter BIRM:
Warna: Hitam
Rapat jenis: 40-45 lbs./ cu. ft.
Ukuran mesh: 10 x 40
Specific Gravity: 2.0 gm/cc
Ukuran efektif: 0.48 mm
Koefisien keseragaman: 2.7

Manganese Greensand Plus: Media Filter Manganese

Ady Water Jual Manganese Greensand Plus
Ady Water Jual Manganese Greensand Plus
Manganese greensand adalah media filter unik yang digunakan dalam sistem filtrasi untuk mengoksidasi, menghilangkan besi, manganese, dan hidrogen sulfida. Media ini juga digunakan untuk menghilangkan arsenik atau radium.

Manganese greensand dikembangkan sekitar awal tahun 1950. Proses manufaktur manganese greensand plus menggunakan karakter pertukaran ion dari substrat greensand untuk membentuk pelapis manganese oksida.

Zat manganese dalam dosis tertentu dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika dosis tersebut berlebihan, maka akan menimbulkan efek yang negatif, khususnya jika terkonsumsi lewat air minum.

Dalam tulisan E. Blaurock-Busch, PhD, "The Clinical Effects of Manganese (Mn)", disebutkan gejala-gejala mangan berlebih sebagai berikut:
1. Penyakit psikiatris / sindrom
2. Kebingungan mental
3. Kehilangan daya ingat
4. Kehilangan nafsu makan
5. Masalah saraf
6. Kekurangan zat besi (karena keracunan mangan mengganggu daya serap zat besi)
7. Gagal ginjal
8. Halusinasi

Banyak klien Ady Water yang mencari manganese greensand ke Ady Water untuk berbagai aplikasi, mulai dari filter air rumah tangga, depot air isi minum isi ulang, dan filter air industrial.

Penggunaan manganese greensand ini baik sekali sebagai pre-treatment sebelum masuk ke membran Reverse Osmosis, yang dapat menghasilkan kualitas air sebagai air minum.

Baca juga:
7 Fungsi Membran RO, Mulai dari Pemurnian Air Minum hingga Filter Air Industri

Air yang difilter dengan media manganese greensand plus harus berada dalam rentang pH 6.2-8.5. Maksimal temperature air adalah 80°F/26.7°C. Regenerasi menggunakan: 1.5-2 oz of kalium permangat per cu. ft.

Laju filter antara 3-5 gpm/sq. ft. untuk terus menerus, atau 8-10 gpm/sq. ft. untuk aliran intermiten. Media ini dapat menghilangkan kandungan besi atau manganese dengan konsentrasi 15 ppm dan hydrogen sulfide dengan konsentrasi 5 ppm.
Pengiriman Karbon Aktif, Pasir Silika, Manganese Greensand, Anrasit
Pengiriman Karbon Aktif, Pasir Silika, Manganese Greensand, Anrasit
Kapasitas filter manganese greensand:
Hanya besi 600 grains (10.000 gallon air mengandung besi 1 ppm/cu. ft.)
Besi dan manganese 400 grains (7.000 gallon air mengandung besi ½ ppm/cu. ft. dan manganese ½ ppm/cu. ft.)
Hidrogen sulfide 175 grains (3.000 gallon air mengandung hidrogen sulfida 1 ppm /cu. ft.)

Kelebihan Media Filter Manganese Greensand
1. Media ini memiliki ukuran dan bentuk yang optimum untuk melakukan oksidasi dan pengendapan besi dan manganese
2. Setiap butiran memiliki jumlah lapisan yang konsisten
3. Semua manganese greensand diproses untuk kebutuhan eksak dan diuji sebelum pengiriman.
4. Media filter Manganese greensand memiliki kapasitas buffer oksidasi-reduksi yang tinggi dan dapat mentoleransi kelebihan atau kekurangan oksidan yang dimasukkan ke dalam sistem.
5. Media ini menyediakan kualitas aliran air yang tinggi.
6. Lapisan manganese oksida tidak dibuang saat backwashing, tapi secara fisik dengan udara atau air.
7. Tidak ada waktu jeda.

Diantara industri yang membutuhkan manganese greensand plus sebagai media filter air nya adalah:
1. Industri makanan-minuman
2. Industri elektronik
3. Industri tekstil
4. Industri pertambangan

Karakteristik Fisik Media Filter Manganese Greensand Plus:
Warna: Coklat-Hitam
Rapat jenis: 85 lbs./cu. ft.
Specific Gravity: 2.4-2.9
Ukuran efektif: 0.30-0.35 mm
Koefisien keseragaman: 1.6
Ukuran Mesh: 16-60
Sampel manganese greensand di Ady Water
Sampel manganese greensand di Ady Water

Pasir Aktif Ferrolite: Media Filter Besi

Ady Water jual pasir aktif ferrolite
Ady Water jual pasir aktif ferrolite
Pasir aktif adalah pasir yang dilapisi zat aktif manganese dioksida. Pasir aktif merupakan media filter yang baik untuk menghilangkang kandungan besi, manganese, hidrogen sulfida, arsenik, dan radium.

Pasir aktif ferrolite dapat menghilangkan warna kuning di air tanah, air PDAM, ataupun air gunung. Pasir aktif ferrolite yang dijual Ady Water berasal dari brand Tohkemy dengan tipe MC-1 dan MC-2. Perbedaan nya adalah pada mesh atau ukuran granular pasir aktif tersebut.

Pasir aktif memiliki fungsi yang sama dengan Birm dan manganese greensand plus yaitu utamanya untuk menghilangkan besi dan manganese. Kedua unsur ini dapat merugikan di berbagai aspek. Misalnya pada kesehatan, ada hubungan (meskipun lemah) antara konsumsi air minum dengan kandungan besi dan munculnya penyakit eczema.

Selain itu, air dengan kandungan besi dan mangan juga akan menimbulkan noda pada peralatan cuci piring, pakaian, perpipaan, dan media lain yang terkena kontak dalam waktu yang lama.

Oh ya, untuk filter air di rumah tangga Anda, selain menggunakan pasir aktif Ferrolite, Anda bisa tambahkan lapisan filter zeolit untuk semakin mengurangi kandungan besi dan manganese.

Baca juga:
PENTING: 9 Fungsi Zeolit, Dari Pasir Zeolit Hamster hingga Filter Air Industri

Di industri, air dengan kandungan besi dan mangan dapat menyebabkan kerusakan pada pipa, boiler, mesin, karena akan menimbulkan karat dan stain, sehingga efisiensi kerja mesin akan berkurang drastis. Otomatis, biaya operasional dan biaya pemeliharaan akan meningkat.

Air yang akan difilter maksimal memiliki nilai pH sebesar 6,5. Jika nilai rendah, lapisan manganese oksida akan kehilangan kemampuan oksidasi nya dan larut dalam air bersamaan filtrat. Pada kasus ini, nilai pH harus diatur sedemikian rupa sehingga lebih dari 6,5 sebelum menggunakan air mentah tersebut.

Pasir aktif ferrolite adalah solusi untuk filter besi dan mangan pada air rumah tangga maupun industri.

Penggunaan pasir aktif ferrolite bisa dengan metode feeding klorin. Metode ini menjadikan lapisan film manganese pada pasir aktif tidak larut bersamaan filtrasi. Aktivasi yang ideal adalah jika sistem didesain sehingga tambahan feed chlorine tidak seketika sebelum tangki filter melainkan dekat sumber air sehingga feed chlorin bercampur dengan air mentah secara sempurna menuju tangki filter.

Jumlah feeding secara teori adalah 1,29 kali kandungan manganese (mg/l) atau 0,64 kali kandungan besi (mg/l) pada air mentah.

Tebal lapisan media filter pasir aktif umumnya setebal 1,2 m dengan kecepatan filtrasi 10-30 m/jam, tergantung dari turbiditas, kandungan besi dan manganese, serta kandungan asam humat.

Kelebihan pasir Aktif Ferrolite
1. Performa tinggi dalam menghilangkan besi dan mangan.
Karena kandungan manganese pada permukaan media lebih tinggi dibandingkan manganese greensand biasa, pasir aktif ferrolite dapat melakukan performa yang lebih tinggi dalam menghilangkan besi dan manganese.

Berbicara khusus tentang manganese, sementara syarat standar kandungan maksimum manganese pada air minum adalah 0.05mg/L, ferrolite dapat menghilangkan manganese sehingga jauh lebih kecil dari nilai tersebut.

2. Usia media yang panjang.
Metode menghilangkan besi dan manganese menggunakan media ini adalah kontak-oksidasi dengan feeding klorin. Bahan kimia yang melapisi permukaan media bekerja sebagai katalis untuk menjadikan target kontaminan menempel pada permukaan media.

Di sini cara kerjanya berbeda dengan karbon aktif, yang memanfaatkan pori-pori yang sangat banyak untuk mengadsorpsi. Sehingga, media filter pasir aktif ini tidak perlu diganti dengan cepat setiap saat karena selalu diregenerasi.

3. Penggunaan yang Mudah
Aktivasi media fiter membutuhkan operasi trial yang mudah dan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Media filter segera bekerja dengan performa tinggi sejak awal pengaktifan.

COROSEX: Media untuk Menaikkan pH Air

Ady Water Jual Corosex
Ady Water Jual Corosex
Corosex dari Clack Corporation adalah media yang berfungsi untuk mengkoreksi kondisi asam pada air dan membuatnya tidak korosif. Dengan magnesium oksida yang tinggi, media ini berfungsi untuk menaikkan pH air dimana dalam beberapa treatment filter, kondisi pH harus netral atau basa.

Jika dibandingkan dengan kalsium karbonat, magnesium oksida dengan berat yang sama dapat menetralisi larutan asan hingga 5 kali lebih banyak. Sehingga, bahan kimia yang digunakan dapat diminimalisir dengan hasil koreksi pH yang sama.

Penggunaan dosis corosex ini harus Anda konsultasikan dengan expert Ady Water. Hal ini karena penggunaan tanpa standar dapat menyebabkan larutan memiliki nilai pH yang sangat tinggi (sangat basa), dan justru menimbulkan masalah lain.

Media filter BIRM, misalnya dapat memfilter besi dengan larutan basa paling tinggi nilai pH nya adalah 9, meskipun disarankan dekat ke pH netral. Jika Anda terlalu banyak menggunakan dosis corosex, nilai pH nya bisa naik hingga 10 bahkan 11. Oleh karena itu, bertanyalah terlebih dahulu pada tim sales Ady Water sebelum membeli dan menggunakannya.

Begitupun jika Anda ingin melembutkan air Anda menggunakan resin kation-anion / resin softener. Salah satu kondisi syarat air untuk masuk filter resin adalah rentang nilai pH tertentu, dan bisa dikoreksi menggunakan Corosex ini.

Baca juga:
7 Aplikasi Resin Kation-Anion Terbaik untuk Industri dan Rumah Tangga

Karakteristik Fisik Media Corosex:
Warna: Putih kecoklatan
Rapat jenis: 75 lbs./cu. ft.
Ukuran mesh: 6 x 16
Specific Gravity: 3.6 gm/cc
Ukuran efektif: 1.4 mm
Koefisien keseragaman: 1.7
Bahan: MgO 97% min.

Anda mencari media filter Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif dan Ferrolite untuk menghilangkan besi dan mangan? Hubungi Ady Water di:
Whatsapp
0821 2742 4060
0821 2742 3050
Atau email ke: adywater@gmail.com
Jual media filter besi dan mangan
Add captJual media filter besi dan manganion

Selain media filter Birm, Manganese Greensand Plus, Pasir Aktif dan Ferrolite, Ady Water juga menyediakan media filter untuk permasalahan air lainnya, seperti:
1. Karbon aktif, untuk menghilangkan kandungan organic, VOC (volatile organic compound), dan bau pada air.
2. Pasir silika, untuk memfilter kotoran makro, lumpur, meningkatkan kejernihan, mengurangi turbiditas, mengurangi TSS dan TDS.

Baca juga:
BACA INI: 13 Fungsi Pasir Silika Filter Air di Industri dan Rumah Tangga
3. Pasir garnet, memiliki fungsi yang mirip dengan pasir silika. Bisa juga digunakan sebagai media sandblasting.
4. Antrasit, memiliki fungsi yang beragam, mulai dari menghilangkan turbiditas pada water treatment hingga dijadikan bahan bakar.
ADY WATER, One Stop Solution for Water and Gas Treatment

=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.com

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.pengolahanlimbah.com

=================================

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
022 723 8019 ( call- fax)
022 6372 4915

0821 2742 3050 (Rusmana)

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Bandung: goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2
Jakarta: goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK DENGAN MENGISI FORMULIR INI




DISCLAIMER:

Produk KARBON AKTIF dan media filter yang Ady Water jual memiliki fungsi untuk PENJERNIHAN / PENYARINGAN AIR, bukan untuk tujuan:
1. Obat-obatan
2. Bahan peledak
3. Bahan berbahaya

Segala penyalahgunaan produk diluar tujuan sebenarnya bukan merupakan tanggungjawab ADY WATER.